Pabrik Wewangian Ilegal di Depok Bohongi Publik, Lantaran

DIPROTES: Suasana pabrik pewangi laundry yang diprotes warga di kawasan Jalan Keadilan, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoranmas. Ahmad Fachry/Radar Depok

DIPROTES: Suasana pabrik pewangi laundry yang diprotes warga di kawasan Jalan Keadilan, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoranmas. Ahmad Fachry/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Penghuni Pesona Madani Kelurahan Rangkapanjaya Baru (RJB), marah sejadinya atas pernyataan Pengelola CV Mawar Cipta Mandiri (MCM). Penghuni merasa pihak pabrik telah melakukan pembohongan publik dengan menyebutkan sudah memiliki izin.

Kuasa hukum perumahan Pesona Mandiri, Ibnu Abas menegaskan, pengelola CV MCM telah melakukan pembohongan kepada publik. Karena mengklaim telah memiliki izin dari Pemerintah. Fakta yang sebenarnya CV MCM tidak memiliki izin, warga belum menandatangani persetujuan.

“Dulu pihak CV MCM pernah meminta ijin lingkungan kepada warga, tapi kami tolak,” kata Ibnu Abas kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Grup), Rabu (08/08/18).

Tak Kantongi Izin, CV Mawar Cipta Mandiri di Pancoranmas Produksi Wewangian Ilegal

Menurutnya CV MCM tidak memiliki izin lingkungan, dan tidak memiliki izin edar. CV MCM hanya memiliki SIUP adalah surat izin untuk dapat melakukan kegiatan usaha perdagangan (sesuai Peraturan Menteri Perdagangan No.36/M-DAG/PER/9/2007).

Sehingga SIUP bukan sebagai legalitas untuk melakukan Usaha/Produksi Deterjen Laundry. Sebab untuk menjadi penyedia deterjen laundry produsen harus memiliki izin edar dari Dinas Kesehatan, serta Ijin HO dan Izin Lingkungan/UKL-UPL dari DLHK.

Pabrik Ilegal di Depok Dibiarkan Beroperasi Tiga Bulan, Satpol PP Ada Sesuatu

Pihaknya juga menganggap pengelola CV MCM seolah-olah menganggap warga tidak koperatif. Justru sebaliknya sejak CV MCM melakukan kegiatannya pada Februari 2018, warga cukup bersabar menerima bau yang membuat pusing dan mual. Bersabar menerima dampak lingkungan dan gangguan kesehatan yang terjadi sejak Februari hingga Agustus.


loading...

Feeds