Kota Depok Menuju Kota Layak Anak, Baru 354 Sekolah Ramah Anak

Ilustrasi kota depok.

Ilustrasi kota depok.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Menuju Kota Layak Anak (KLA), Pemkot Depok terus mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak (SRA) tingkat PAUD, TK, SD, dan SMP. Kini sudah ada 354 sekolah yang ramah anak.

“Sekolah Ramah Anak masih sosialisasi dan deklarasi. Ini salah satu aturan Kota Layak Anak yakni Sekolah Ramah Anak,” kata Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Sosial Pemkot Depok, Sri Utomo kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Grup).

Menurut dia, anak harus dilindungi termasuk di dunia pendidikan. SRA ini kata dia, semua sarana-prasaran di dalamnya harus ramah anak.

“Sekolah yang sudah mendeklarasikan sekolahnya sebagai SRA wajib mendukung sarana-prasaran,” katanya.

Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida menjelaskan, antara pihak sekolah dan orang tua harus bisa menjalin komunikasi tentang perkembangan anak. Jadi ada sinkronisasi antara pendidikan di rumah dengan di sekolah.

“Jadi Sekolah Ramah Anak bisa berawal dari rumah yang nyaman untuk anak,” katanya.

Elly juga berpesan kepada orang tua untuk bisa menciptakan harmonisasi di keluarga. Siswa sangat sensitif dengan kondisi di lingkungan sekitarnya, terutama keluarga yang merupakan lingkungan paling terdekat dengan dirinya.

Peran pembentukan karakter anak menjadi tugas yang penting dari orang tua. Karena anak-anak akan mencontoh perilaku dari orang-orang terdekat mereka.

“Harmonisasi keluarga sangat berpengaruh pada kondisi siswa. Suasana di rumah yang sehat akan menciptakan jiwa yang sehat juga,” kata Elly.

(RD/rub/pojokjabar)


loading...

Feeds

Scarlet

10 Aktris dengan Bayaran Tertinggi di Dunia

BERHASIL menggeser Emma Stone, Scarlett Johansson berhasil menempati posisi teratas sebagai aktris dengan bayaran tertinggi. Scarlett mengantongin penghasilan sebesar USD 40,5 …