Belum Bayar Upah dan THR, Pengawas Ketenagakerjaan Warning PT SPI

Foto Ilustrasi THR

Foto Ilustrasi THR

Cari Aman

POJOKJABAR.com, DEPOK – UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I Bogor, bakal mengeluarkan nota 2 ke PT Sinar Prima Indonesia (SPI). Surat peringatan itu dilayangkan menyusul pabrik di Jalan Raya Ciputat-Parung, Kelurahan Kedaung, Sawangan belum juga membayar upah dan THR yang menjadi hak pekerja SPI.

“Jika masih tetap tidak mematuhi akan dikeluarkan Nota 2. Nota 2 ini sebetulnya menegaskan kembali dari isi Nota 1, jika tidak dipatuhi akan dilakukan penyidikan,” tegas Kepala UPTD Wasnaker Wil I Bogor, Mamun Rizal, kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Grup), Kamis (12/07/18).

Usai diberikan Nota 1 kepada pihak PT SPI, kata dia, pihak perusahaan menjanjikan akan membayarkan, jika karyawan bekerja dulu. Tapi kenyataannya, sampai saat ini belum dibayar. Ini kata dia, sangat memprihatinkan sekali.

“Sebetulnya kewenangan kami adalah memeriksa apabila upah tidak sesuai UMK. Jika upah belum dibayar itu harus dimediasi oleh mediator dari Disnaker Kota Depok,” beber dia menjelaskan.

Kata dia, penanganan kasus ini pihaknya sudah sesuai SOP dalam hal pengawas sudah melakukan pemeriksaan sesuai kewenangan, yaitu dengan mengeluarkan Nota 1, yang isi agar Pengusaha segera membayar upah dan THR yang menjadi hak pekerja.

“Kami masih menunggu realisasi yang sedang dilakukan pengusaha. Sebetulnya, untuk masalah pembayaran upah, dimediasi oleh mediator dari Disnaker Kota Depok,” kata dia.


loading...

Feeds