Januari-Juni 2018, KUA Sawangan Sudah Nikahkan 376 Pasangan

Ilustrasi Nikah

Ilustrasi Nikah

POJOKJABAR.com, DEPOK – Sepanjang Januari-Juni 2018 sebanyak 376 pasangan mendapatkan buku nikah setelah melakukan pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) Sawangan.

Jumlah pasangan suami istri tersebut jumlahnya lebih sedikit di tahun sebelumnya pada periode yang sama. Hal itu diungkapkan Rahmat, Staf KUA Sawangan, Selasa (10/7/18).

“Jumlah pasangan nikah selama enam bulan terakhir, periode Januari dan Juni 2018 sebanyak 376 pasangan. Jika dirata-rata jumlahnya sebanyak 60 pasangan per bulan,” ujarnya.

Namun, di bulan Ramadan 1439 yang baru lalu, pasangan yang menikah tercatat sedikita sekali hanya 5 pasangan, setelah lebaran jumlahnya meningkat seperti pada tahun sebelumnya.

“Kalo bulan puasa orangorang yang mau menikah sedikit sekali, tapi setelah lebaran jumlahnya meningkat,” terangnya.

Pernikahan tersebut, diungkapkannya, tidak hanya dilakukan di kantor KUA, termasuk juga di rumah sesuai keinginan kedua mempelai. Jika pernikahan di rumah mereka mengajukan permohonan dan petugas dari KUA Sawangan akan mendatanginya.

Mengenai administrtasi pernikahan , dijelaskannya, dibayarkan pihak mempelai via bank Rp600 ribu. Hal ini sesuai dengan aturan yang berlaku. Calon pasangan suami istri sebelum melaksanakan pernikahan juga mendapat bimbingan terlebih dahulu dari penyuluh, sehingga mereka memahami tentang membina rumah tangga.

Penyuluhan tersebut, ditambahkannya, diberikan oleh penyuluh KUA, termasuk dari unsur kepolisian dan petugas medis. Ketiganya memberikan materi sesuai porsinya, seperti penyuluh memberikan materi tentang hak dan kewajiban suami istri, kemudian kesehatan memberikan materi pentingnya menjaga kesehatan, dan dari kepolisian mencegah terjadinya KDRT.

(MD/dib/pojokjabar)


loading...

Feeds