Sebar Ujaran Kebencian, ASN Dipecat

AKTIFITAS ASN PULANG KANTOR: Sejumlah ASN sedang beraktifitas di kawasan Kantor Balaikota Depok saat jam pulang kantor, senin (21/5/18). Ahmad Fachry/Radar Depok

AKTIFITAS ASN PULANG KANTOR: Sejumlah ASN sedang beraktifitas di kawasan Kantor Balaikota Depok saat jam pulang kantor, senin (21/5/18). Ahmad Fachry/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Depok, wajib hati-hati menggunakan media sosial. Karena, jika ASN kedapatan menyebarkan hoax atau ujaran kebencian akan langsung diberikan sanksi. Terberat adalah sanksi pemecatan.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis enam bentuk larangan ujaran kebencian, yang tergolong sebagai pelanggaran disiplin bagi ASN. Meski rilis tersebut berlaku bagi ASN di seluruh Indonesia, tetapi Pemkot Depok hingga saat ini belum mendapatkan surat edaran dari BKN tersebut.

“Aturan tertulis atau surat resmi belum diterima. Nanti kita ikuti arahan pimpinan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono, kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Senin (21/05/2018).

Hardiono menilai, pada dasarnya manusia itu saling menyayangi, bukan saling membenci. ASN merupakan aparatur sipil negara yang harus mendukung, merawat, dan melindungi Pancasila, UUD 45, dan NKRI. “Agar negara kita semakin kokoh,” tutur Hardiono.

Senada, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Depok, Mary Liziwati mengatakan bahwa pihaknya belum menerima surat edaran tersebut. “Tapi secara umum kita akan mengikuti aturan pusat,” ucap Mary kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Terpisah, Anggota Komisi A DPRD Kota Depok, Qurtifa Wijaya menyebutkan, aturan ini tentunya secara nasional diterapkan, termasuk di Kota Depok. Sedangkan sesuai kinerja, tentu tidak ada kaitannya dengan kinerja ASN secara signifikan. Qurtifa menilai, ada tekanan kebebasan dalam mengekspresikan pandangan, sikap, dan pikiran yang saat ini lebih dibatasi.

“Kinerja ASN tak masalah, tapi kebebasan untuk berekspresi ada bayangan tekanan dan dibatasi,” tegas Qurtifa kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).


loading...

Feeds

Masker dari arang mampu menngatasi masalah bekas jerawat di wajah./Foto: jpc

Begini Proses buat Masker Arang di Rumah

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Belakangan ini arang hitam banyak digunakan dalam beragam produk kecantikan karena kemampuannya untuk menghilangkan racun dari kulit. Banyak …