Pengamat: Kota Depok Butuh Transportasi Umum yang Terinegritas

PADAT: Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Raya Margonda. Ahmad Fachry/Radar Depok

PADAT: Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat melintas di Jalan Raya Margonda. Ahmad Fachry/Radar Depok

Dia menjelaskan, transportasi publik yang layak dan terakses bisa menarik warga dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. Menurutnya selama ini Kota Depok tidak memiliki sistem transportasi massal yang komprehensif.

“Satu-satunya angkutan umum adalah angkot. Itu saja hanya tersisa 30 persen lantaran berbagai faktor dari modal minim sampai maraknya bisnis ojek online,” kata Djoko.

Selain itu, permasalahan macet di Margonda adalah dampak dari perkembangan wilayah metropolitan di Jabodetabek. Secara teoritis, ia menerangkan, kota metropolitan dibagi menjadi dua kota inti (Jakarta) dan kota satelit (Depok sampai Tangerang).

Namun, dalam perkembangannya, kota satelit berubah jadi metropolitan, menanggung dan mengatasi segala problem seperti kemacetan hingga kepadatan penduduk, yang sayang tak diimbangi strategi penyelesaian masalah layaknya kota metropolitan.

“Perlu ada perhatian pemkot, untuk mengatasi kemacetan yang semakin menjadi di Jalan Margonda,” pungkas Djoko Setijowarno.

(RD/cr2/pojokjabar)


loading...

Feeds

Masker dari arang mampu menngatasi masalah bekas jerawat di wajah./Foto: jpc

Begini Proses buat Masker Arang di Rumah

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Belakangan ini arang hitam banyak digunakan dalam beragam produk kecantikan karena kemampuannya untuk menghilangkan racun dari kulit. Banyak …