Mengidap Penyakit AIDS, Belasan LGBT di Depok Meninggal

Ilustrasi Kaum LGBT

Ilustrasi Kaum LGBT

POJOKJABAR.com, DEPOK – Ini menjadi ancaman bagi Kota Depok yang menyandang Visi Misi : Aman, Nyaman dan Religius. Perlu diketahui bersama, selama 2017 di Kota Sejuta Maulid ini, didapati belasan kaum Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) meninggal akibat mengidap penyakit AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamanti Lies Karnawati menjelaskan, sampai saat ini penderita AIDS yang terdata di Dinas Kesehatan Kota Depok ada 1.032 jiwa. Namun, yang ditangani di RSUD Kota Depok ada 306 jiwa, dan selebihnya tersebar kemungkinan ke rumah sakit lain.

Khusus penyakit ini berbeda, tidak semua penderita mau terbuka. Biasanya, melalui LSM yang memang fokus terhadap penderita AIDS. Namun, sebagian kecil penderita AIDS didapati di beberapa tes yang diadakan keliling oleh Dinas Kesehatan Kota Depok.

Sebagian besar penderita merupakan akibat penyalahgunaan narkoba dan 32 persen merupakan akibat hubungan seksual yaitu LGBT. Angka kematian akibat AIDS di 2016 dan sebelumnya dibawah angka 10 jiwa dalam setahun. Akan tetapi pada 2017 angkanya meningkat menjadi lebih dari 10 jiwa yang meninggal.

“Diatas 10 jiwa. Tidak semua penderita mau terbuka akan penyakit AIDS ini, sehingga memang yang datang ke RSUD saja yang kami tangani,” jelasnya.

Kurun waktu empat tahun dari 2013 hingga 2017 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, mencatat ada 326 pasein penderita Aids yang berobat di rumah sakit daerah tersebut.


loading...

Feeds