Bangunan Peninggalan Belanda di Kota Depok Diwacanakan Jadi Cagar Budaya

BANGUNAN BERSEJARAH: Bangunan yang dibangun abad ke-18 bernama Rumah Cimanggis di kawasan lahan RII di kawasan Kecamatan Sukmajaya. Ahmad Fachry/Radar Depok

BANGUNAN BERSEJARAH: Bangunan yang dibangun abad ke-18 bernama Rumah Cimanggis di kawasan lahan RII di kawasan Kecamatan Sukmajaya. Ahmad Fachry/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Mencuatnya isu Rumah Cimanggis yang terancam tergusur karena masuk dalam rencana kerja proyek pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Rupanya, turut membuat Pemerintah Kota Depok kini lebih serius memikirkan keberadaan rumah tua lainnya yang sarat akan nilai sejarah di Kota Belimbing ini.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Agus Suherman mengatakan, pihaknya akan mendata seluruh bangunan tua yang utamanya peninggalan Belanda di Kota Depok, guna dimasukkan ke dalam cagar budaya Kota Depok.

“Baru pendataan sih, mungkin setelah itu nanti kami koordinasi baik dengan Kemendikbud, maupun dengan Instansi terkait terutama untuk persyaratan agar bisa tercatat sebagai cagar budaya,” kata Agus saat dikonfirmasi Radar Depok kemarin.

Agus mengatakan, sebagai fokus utama Pemkot Depok melakukan pendataan adalah bangunan tua yang berjejer sepanjang Jalan Pemuda, Kelurahan Depok, Pancoranmas.

“Untuk awal di Jalan Pemuda dulu, kami akan mencatat terutama soal kepemillikan lahan dan bangunannya,” lanjut Agus.

Agus mengatakan, salah satu hambatan proses pendataan yang dilakukan olehnya terkait kepemilikan lahannya yang masih terdaftar milik perorangan, “Itu dia kesulitannya, di kepemilikannya. Kalau tanah dan bangunannya diserahkan/dihibahkan ke Pemkot, prosesnya tinggal ditindaklanjuti,” kata Agus.

Meskipun begitu, Agus mengatakan, pihaknya agar berupaya agar bangunan-bangunan tua di Kota Depok akan diupayakan dapat menjadi lokasi pariwisata di Kota Depok. “Sedang direncanakan untuk pembuatan kajian sama naskah akademiknya, tapi untuk saat ini masih fokus pendataan dahulu,” pungkasnya.

Sejarahwan dari Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (YLCC) Kota Depok, Ferdy Jonathans mengatakan, ada sedikitnya enam bangunan bersejarah yang terletak di Kota Depok dan beberapa terpusat di Jalan Pemuda, Pancoranmas.


loading...

Feeds