Dinkes Kota Depok: 643.749 Jiwa Belum Diimunisasi Difteri

Imunisasi Difteri

Imunisasi Difteri

POJOKJABAR.com, DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok optimis, Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah penyakit difteri yang sedang menjangkit di Kota Depok, dapat diselesaikan.

Itu dibuktikan dengan aksi pemberian imunisasi yang dilakukan di 35 puskesmas di Kota Depok secara terusmenerus.

Dari total target Kota Depok sebanyak 668.835 anak usia 0-19 tahun yang disasar Outbreak Response Imunization (ORI) atau pemberian imunisasi gratis, sampai hari ketiga Rabu (13/12/17) sore kemarin tercatat sudah 15.086 anak di Depok yang diimunisasi.

Kepala Dinkes Kota Depok, Noerzamanti Lies Karmawati mengatakan, sisa target yakni 643.749 anak sasaran ORI di Depok, akan segera ia penuhi dan mendapat imunisasi difteri pada akhir Desember ini.

Ia menjelaskan jumlah 15.086 anak yang sudah menerima imunisasi difteri tersebut merupakan akumulasi dari pelaksanaan ORI selama tiga hari yakni Senin (11/12) sebanyak 3.546 anak, Selasa (12/12) sebanyak 6.317 anak dan Rabu (13/12) sebanyak 5.403.

“Sehingga jumlah komulatifnya selama tiga hari itu adalah sebanyak 15.086 anak. Kami optimis semua anak yang kami sasar akan menerima imunisasi difteri di Desember ini,” kata Lies kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Kamis (14/12/2017).

Imunisasi ini katanya, dilakukan di sejumlah wilayah, baik di puskesmas maupun posyandu yang ditunjuk, serta di sejumlah SD di Depok. Menurutnya, antusias warga untuk membawa balitanya   mereka guna mendapat imunisasi DPT di hari pertama Senin, Selasa dan Rabu ini sangat baik.

Seperti diketahui Kota Depok adalah salah satu kota yang mengalami wabah kejadian luar biasa (KLB) difteri. Dari 5 Kabupaten/Kota se Jawa Barat yang terjangkit virus difteri, Kota Depok menduduki urutan ketiga penderita terbanyak setelah Purwakarta dan Karawang.

Tercatat satu anak berusia 4 tahun di Depok meninggal dunia pada Juli lalu akibat difteri. Hingga November 2017 tercatat 12 kasus difteri di Depok dimana empat orang dinyatakan positif. Lies menjelaskan, imunisasi ini diberikan tidak memperhatikan riwayat imunisasi sebelumnya.


loading...

Feeds

Ayi Hambali (kemeja hijau) dan tim tengah melakukan pendaftaran di kantor KPU Jawa Barat di Bandung. Foto: Dede/pojokjabar.com

Ayi Hambali Siap Maju Kembali

POJOKJABAR.com, CIREBON– Anggota DPD RI perwakilan Jawa Barat, yang juga ketua Yayasan Pondok Pesantran Al Falah, Dago, Bandung berniat kembali …