Kota Depok Kaji Peralihan Gas Elpiji 3 Kg ke Bright Gas 5,5 Kg, DPR Bakal Panggil Pertamina

Antre Gas Elpiji 3 kg (ilustrasi

Antre Gas Elpiji 3 kg (ilustrasi

POJOKJABAR.com, DEPOK – Adanya rencana peralihan penggunaan tabung gas elpiji 3 kilogram (bersubsidi), ke elpiji 5,5 kilogram alias Bright Gas di Kota Depok belum ada kejelasan kapan akan mulai didistribusikan.

Hingga saat ini, Pemkot Depok masih melakukan pembahasan terkait rencana tersebut. Kasie Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok, Epi Ardini mengaku, peralihan penggunaan elpiji 3 Kg ke Bright Gas 5,5 Kg merupakan kebijakan pemerintah pusat.

Diketahui, sejumlah kota telah memulai mendistribusikan Bright Gas ke masyarakat dengan harga Rp35 ribu per tabung. Sedangkan Kota Depok, akan mengusulkan terlebih dulu ke tim yang telah dibentuk, yakni Bagian Ekonomi, Hiswana Migas, Disperindag, dan Polresta Depok.

“Kalau sudah disetujui dalam forum rapat, tim akan langsung membuat surat edaran ke semua pangkalan. Jadi, bakal ada dua tabung gas, yang subsidi dan non subsidi,” ungkap Epi kepada Radar Depok saat operasi pasar di Jalan Proklamasi, Kecamatan Sukmajaya, rabu (6/12/17).

Tabung gas 3 Kg subsidi dan non subsidi akan dibedakan pembelinya. Sehingga tabung gas tiga kilo bersubsidi bisa dirasakan oleh warga miskin dan pelaku UKM.

“Tabung gas 3 kilogram yang subsidi orang tertentu. Misalnya, harus menunjukan kartu sosial dan lainnya. Ini masih dalam kajian,” jelasnya.

Terkait operasi pasar yang dilakukan Disperindag, Hiswana Migas Depok dan Pertamina sudah digelar di 25 titik yang tersebar di Kota Depok. “Totalnya ada 14 ribu tabung subsidi disebar,” kata Epi.

Karena permintaan tabung gas tinggi dan masih banyak yang belum kebagian operasi pasar dilanjutkan. “Kami minta tambah ke Pertamina 14 ribu tabung gas. Totalnya enam hari operasi pasar sebanyak 28 ribu tabung gas didistribusikan ke rumah tangga dan pelaku UKM,” tegas Epi.

Di lokasi yang sama, pengurus Hiswana Migas Kota Depok Imron Efendi mengaku, peralihan tabung gas 3 kilogram ke 5,5 kilogram ini sudah ia ketahui. Namun, tidak bisa dijelaskan karena kebijakan tersebut dari pusat.


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …