Jadi Percontohan di Jawa Barat LPSE Kota Depok Bidik ISO 9001

Agus Setiawan Selaku Kepala UPT PLSE Kota Depok

Agus Setiawan Selaku Kepala UPT PLSE Kota Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Depok gencar berbenah. Pembenahan dari mulai melakukan bermacam perbaikan, serta penyempurnaan standar sehingga LPSE bisa meraih ISO 9001.

“Saat ini kami sedang menyempurnakan 17 standar layanan yang telah ditetapkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Jika hal ini sudah mendapat penghargaan di tingkat nasional pada bulan November mendatang, baru kita mulai melangkah untuk meraih ISO 9001 yaitu terkait pelayanan,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) LPSE Kota Depok Agus Setiawan, Rabu (13/09/2017).

Proses mendapatkan ISO, diungkapkannya, akan dilakukan secara bertahap dan rencananya akan dikejar mulai tahun 2018 yaitu ISO 9001 terkait pelayanan, tahun 2019 ISO 2001 terkait administrasi, selanjutnya ISO terkait jaringan, server dan lainnya.

“Kalau sudah penuhi 17 standar layanan dan sudah diakui nasional, secara otomatis ke depan sesuai Permen Kominfo Nomor 4 tahun 2016 perihal keamanan informasi, LPSE sebagai penyelenggaraan sistem elektronik kategori tinggi, wajib bersertifikat ISO,” ujarnya.

Namun, diakuinya, bahwa diraihnya predikat ISO bukan tujuan utama yang ingin dicapai, tetapi kepada upaya LPSE Kota Depok untuk bisa memberikan pelayanan pengadaan barang/jasa di Depok secara optimal.

“Saat ini di Jawa Barat sendiri belum ada yang mendapatkan predikat tersebut, Kota Depok berupaya menyempurnakan 17 standar layanan, sedangkan saat ini Kota Bogor sedang menyempurnakan layanan untuk menuju ke ISO tersebut.

Mudah-mudahan Kota Depok dapat menyusul dengan memberikan pelayanan terbaik bagi penyedia barang dan pemangku kepentingan lainnya,” ujarnya penuh harap.

DIketahui bahwa LPSE Kota Depok yang saat ini menjadi percontohan bersama 10 daerah lainnya di Jawa Barat.

(metropolitan/ws)



loading...

Feeds