Pecahan Tembok Berlin Milik Teguh Ostenrik Pilih Jakarta Ketimbang Depok

RAMPUNG : Seniman terkemuka Teguh Ostenrik sedang melakukan pengelasan patung menembus batas yang terbuat dari baja di wilayah Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Senin (11/9/17). Ahmad Fachry/Radar Depok

RAMPUNG : Seniman terkemuka Teguh Ostenrik sedang melakukan pengelasan patung menembus batas yang terbuat dari baja di wilayah Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Senin (11/9/17). Ahmad Fachry/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Pecahan tembok berlin milik Teguh Ostenrik yang terletak di Kelurahan Pondok Petir, Bojongsari sedang dikerjakan yang empunya. Teguh Ostenrik sedang menghias tembok yang berusia puluhan tahun tersebut.

“Rencananya akan dibawa ke Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo, Jakarta Utara, pada tanggal 26 september mendatang,” kata Teguh sembari menyelesaikan karyanya kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Selasa (12/09/2017).

Teguh mengatakan, tema yang diusung dari karyanya tersebut yakni Patung Menembus Batas. Dijelaskan Teguh alasan dipilihnya tema tersebut, yakni dia ingin menunjukkan filosofi seorang manusia yang tak bisa dibatasi meskipun tembok setebal apapun. “Motto dari tema itu yakni Jaga Keberagaman dan Lawan Penyeragaman,” kata Teguh.

Sebelum menentukan Kalijodo sebagai lokasi peletakannya, ia telah puluhan tahun memikirkan lokasi yang pas untuk meletakkan batu bersejarah tersebut. “Sudah 27 tahun saya cari lokasinya. sejak tembok Berlin itu dibawa ke Jakarta,” ujar Teguh.

Teguh melanjutkan, perjalanannya hingga mendapatkan empat keping batu dari tembok Berlin. Patung Menembus Batas itu konsepnya sudah direka-reka dari awal 1990. Dua minggu setelah tembok Berlin runtuh, dia langsung terbang ke Berlin untuk mencari tahu caranya bisa mendapatkan 4 segmen dinding pembatas tersebut.

Teguh kemudian mendapatkan informasi, bahwa perusahaan yang ditunjuk pemerintah Jerman untuk mengurus penjualan pecahan tembok Berlin adalah Limex GmbH.

“GmbH itu singkatan dari Gesselschaft mit begrenzer Haltung yang artinya sama seperti PT (Persereoan Terbatas), nah Limex itu nama dari perusahaannya. Jadi Limex GmbH sama dengan PT Limex,” ujarnya.



loading...

Feeds

ilustrasi

Tips Jadi Pemuda Mandiri ala IEC

Jadi pemuda yang mandiri jadi dambaan banyak orang. Bukan hanya mandiri dalam keuangan, namun secara mental dan spiritual pun demikian.
PEDULI: Siswa SD Insan Kamil membentangkan poster mengecam tragedi kemanusiaan umat Islam Rohingya sekaligus melakukan penggalangan dana, Sabtu (23/9/17) akhir pekan lalu.

SD Insan Kamil Bogor Peduli Rohingya

Tragedi kemanusiaan umat Islam Rohingya di Myanmar telah menyeret simpati dari seluruh penjuru dunia. Aksi kepedulian dilakukan dengan berbagai cara. …