Dalam Sehari 20 Pasangan Cerai, Pengamat: Pemkot Depok Harus Proaktif

Ilustrasi Perceraian

Ilustrasi Perceraian

POJOKJABAR.com, DEPOK – Janda dan duda di Kota Depok kekiniannya akan semakin bejibun. Berdasarkan data Pengadilan Agama Kota Depok mencatat dari periode Januari – April 2017 angka cerai mencapai 1.500, dan angka tersebut sudah beranjak menjadi 2.505 yang bercerai.

Humas Pengadilan Agama (PA) Kota Depok, Dindin Syarief Nurwahyudin mengatakan, rata-rata perbulannya, angka perceraian di Kota Depok mencapai 400-500 gugatan yang masuk ke PA Kota Depok.

“Presentasinya 70:30 dan terbanyak gugatan dari sang istri, sisanya cerai talak,” katanya kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Selasa (12/09/2017).

Dindin mengatakan, dari data sebulan tersebut, didapatkan perhari rata-ratanya 20 laporan yang masuk ke PA Kota Depok mengajukan cerai. “Hal ini harus disikapi Kota Depok, karena nantinya anak yang menjadi korban,” tegasnya.

Terpisah, Pengamat Kebijakan Publik, Jeanne Noveline Tedja mengaku, sangat prihatin dengan angka perceraian di Kota Depok yang terus meningkat dari tahun ke tahunnya. Hal ini akan berdampak pada tumbuh kembang anak korban perceraian kedua orang tuanya.

“Apapun alasannya, anak-anak akan menjadi korban orangtuanya yang bercerai. Karena anak tidak mendapatkan haknya untuk diasuh dalam lingkungan keluarga yang harmonis kedua orangtua baik ibu dan bapak,” jelas perempuan yang disapa Nane tersebut.

Nane mengatakan, perceraian akan berdampak secara psikologis, dan berpengaruh terhadap kualitas anak saat mereka tumbuh dewasa nantinya. Hal ini sangat disayangkan mengingat anak-anak adalah generasi peneris bangsa.

Untuk itu, Nane mengatakan, Pemerintah Kota Depok sebaiknya mempunyai program untuk meningkatkan ketahanan keluarga. Misalnya dengan rajin memberikan advokasi untuk meningkatkan kesadaran orang tua mengenai dampak buruk perceraian bagi tumbuh kembang anak-anak. “Minimal sebelum mereka bertindak akan berfikir nasib masa depan si anak,” kata Nane.

(radar depok/ade)


loading...

Feeds