Kematian dan Kecelakaan ASN di Kota Depok Dijamin Program JKK dan JKM

SOSIALISASIKAN : Plt Kepala Cabang Taspen Depok, Mei Kuspitaningsih saat menjelaskan manfaat program JKK dan JKM. Foto : Febrina/Radar Depok

SOSIALISASIKAN : Plt Kepala Cabang Taspen Depok, Mei Kuspitaningsih saat menjelaskan manfaat program JKK dan JKM. Foto : Febrina/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Selain mendapat jaminan pensiun, Aparatur Sipil Negara (ASN) juga mendapatkan tambahan jaminan berupa Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Kepastian setelah adanya sosialisasi dari PT Taspen Kota Depok, belum lama ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Cabang PT Taspen Kota Depok, Mei Kuspitaningsih mengatakan, JKK memberikan manfaat antara lain perawatan, santunan dan tunjangan cacat. Kemudian, untuk tunjangan tersebut dibagi menjadi dua jenis yaitu kecelakaan ganda (tabrakan) dan kecelakaan tunggal saat ASN melakukan tugas.

Lebih lanjut Mei menjelaskan, bagi ASN yang mengalami kecelakaan ganda (misalnya tabrakan), pihaknya akan menjadi penjamin kedua dengan ketentuan biaya perawatan dan pengobatan lebih dari Rp20 juta.

Jika begitu, biaya selebihnya akan menjadi tanggungan daei Taspen. Sedangkan untuk kejadian kecelakaan tunggal yang tidak ada kaitannya dengan tugas ASN, maka penjaminnya adalah BPJS Kesehatan.

“ASN yang mengalami kecelakaan kerja dan memerlukan perawatan, disarankan untuk menjalani perawatan di rumah sakit umum pemerintah dengan fasilitas perawatan kelas satu.

Apabila ASN mengambil perawatan di kelas yang lebih tinggi (VIP), maka jaminan yang ditanggung oleh Taspen tetap kelas satu,” terangnya kepada Harian Radar Depok (Pojoksatu.id Group), Rabu (23/08/2017).

Dia menambahkan, jika ASN menjalani perawatan di rumah sakit swasta, untuk penggantian biaya tetap mengacu kepada tarif kelas satu rumah sakit pemerintah. Diharapkan, dengan adanya program JKK dan JKM dapat membantu ASN, terutama saat menjalankan tugas terjadi hal yang tak diinginkan.

“Kami masih terus mensosialisasikan program ini. Karena masih banyak ASN yang belum tahu. Ke depan, program JKK dan JKM akan semakin meringankan ASN Depok dalam bertugas,” pungkasnya.

(radar depok/ina)


loading...

Feeds