Lansia di Kota Depok Harus Sehat dan Produktif

Ilustrasi warga lansia

Ilustrasi warga lansia

POJOKJABAR.com, DEPOK –  Populasi lansia di Tanah Air kian meningkat setiap tahunnya. Menurut data Susenas 2015, jumlah lansia di Indonesia sebanyak 21,5 juta jiwa atau sekitar 8,43 persen dari seluruh penduduk Indonesia.

Artinya perhatian terhadap lansia harus ditingkatkan, karena tak sedikit lansia yang rentan terhadap penyakit. Hal ini menjadi masalah, karena meningkatnya populasi lansia tidak diiringi dengan kesehatan yang baik. Jadi, banyak di antara para lansia yang menghadapi berbagai penyakit pada sisa usianya, dan menjadi beban keluarga.

Belum lagi permasalahan biaya pengobatan yang harus dikeluarkan, tentu keadaan ini juga menjadi beban negara. Ketua Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kecamatan Bojongsari, Tubagus Adung Muhammad Sodiq mengatakan, tetap sehat dan produktif di usia lanjut, bukanlah suatu hal yang sulit. Dengan penerapan gaya hidup sehat, tentunya lansia bisa mendapatkan hidup yang berkualitas.

Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan para lansia. Di antaranya memperbanyak makanan yang mengandung protein yang sumbernya berasal dari ikan dan telur ayam. Hal itu karena protein diperlukan untuk kebutuhan masa otot dan kekuatan otot, bukan hanya pada otot rangka, tapi juga pada otot jantung, dan lainnya.



loading...

Feeds