Pedagang Bawang Putih di Sejumlah Pasar Tradisional Depok Cemas

SEMPAT MELONJAK :Tampak terlihat tumpukan bawang putih di lapak pedagang yang berada di Pasar Kemirimuka, Beji, Depok, Kamis (18/5).
Harga bawang putih dikabarkan sempat melonjak di angka Rp.60.000/ Kg, tetapi sudah turun sekitar Rp.5.000 menjadi Rp.55.000/Kg. Foto: Ahmad fachry/Radar Depok

SEMPAT MELONJAK :Tampak terlihat tumpukan bawang putih di lapak pedagang yang berada di Pasar Kemirimuka, Beji, Depok, Kamis (18/5). Harga bawang putih dikabarkan sempat melonjak di angka Rp.60.000/ Kg, tetapi sudah turun sekitar Rp.5.000 menjadi Rp.55.000/Kg. Foto: Ahmad fachry/Radar Depok

POJOKJABAR.com, DEPOK – Sepuluh hari menjelang puasa Ramadan, harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional terus menjadi sorotan. Namun, di beberapa pasar harganya sangat fluktuatif naik turun. Meski tidak terjadi kenaikan yang signifikan, konsumen masih tetap mencari bawang putih.

Salah satu pedagang bawang di pasar Sukatani 1Agus (35) mengungkapkan, minggu ini harga bawang putih masih dikisaran Rp60 ribu per kg untuk jenis kating. Sedangkan minggu lalu untuk jenis ini tembus diangka Rp65 ribu hingga Rp70 ribu per kg.

“Masih tinggi, walaupun harga bawang putih sudah turun Rp10 ribu,” terang Agus.

Agus mengaku, ia mendapatkan pasokan bawang putih dari pasar induk Kramat Jati Jakarta. Sejak terjadinya kenaikan harga bawang, ia mengalami penurunan omset. Karena sejumlah pembeli mulai mengurangi pembeliannya. “Tapi, sekarang ada kenaikan omzet walaupun tidak secara signifikan,” ucap Agus kepada Radar Depok (Pojoksatu.id Group).

Meski ada penurunan, Agus mengaku tak ingin menyetok bawang putih dalam jumlah banyak. Hal itu ia lakukan guna menghindari kerugian akibat bawang yang membusuk bila disimpan terlalu lama. Tetapi, bila kondisi harga bawang putih kembali normal, dia akan menyetok bawang putih dalam jumlah banyak.

“Saat harga normal, kami mampu menjual bawang putih 17 kilogram,” ujar Agus.

Terpisah, pedagang bawang di pasar Kemirimuka, Nurhayati (45) menyebutkan, dalam satu pekan ini harga bawang putih sudah mengalami penurunan. Sebelumnya, harga bawang putih mengalami lonjakan harga yang cukup drastis. Hal itu, karena persediaan bawang putih mengalami keterbatasan sehingga harga naik.


loading...

Feeds

ilustrasi gempa Tasikmalaya, Jawa Barat

Kisah Kiper Persib Alami Gempa

POJOKJABAR.com, BANDUNG– Korban gempa ternyata juga hampir membuat Kiper Persib Imam Arief Fadhilah menjadi korban. Refleksnya saat itu Imam selamatkan …
Aksi Tolak Trump dari Purwakarta (FB Ikbal Fauzi.)

Warga Purwakarta Tolak Pernyataan Trump

POJOKJABAR.com, PURWAKARTA– Aliansi Masyarakat Selamatkan Al-Aqsha (AMSA) Purwakarta menggelar Aksi Bela Palestina di Jalan Kemuning, Nagrikaler, Purwakarta, Sabtu (16/12/2017). Hal …