OJK Terus Fokus Garap Koperasi Pandawa Kota Depok

Koperasi Pandawa Kota Depok. FOTO : Ade / Radar Depok.

Koperasi Pandawa Kota Depok. FOTO : Ade / Radar Depok.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Satgas Waspada Investasi mulai membidik Pandawa Group di Jalan Raya Meruyung, Kelurahan Meruyung, Limo Depok. Instansi pemberantasan investasi bodong ini mulai memeriksaan dugaan kegiatan investasi ilegal tersebut.

“Berdasarkan analisis kami, Pandawa Mandiri Group ini sebetulnya koperasi namun dia mendirikan suatu badan usaha bernama Pandawa Group yang diduga melakukan penghimpunan dana masyarakat dengan suku bunga sangat tinggi yakni 10 persen per bulan,” ujar Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L Tobing dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (01/11/2016).

Pemantauan terhadap KSP Pandawa Mandiri Group akan menjadi fokus Satgas Waspada Investasi setelah menghentikan tiga kegiatan perusahaan investasi ilegal lainnya yakni PT Cakrabuana Sukses Indonesia (CSI), Dream for Freedom, serta United Nations Swissindo World Trust International Orbit (UN Swissindo).

Ketiga perusahaan tersebut terbukti menghimpun dana ribuan nasabahnya dengan nilai mencapai triliunan rupiah.

PT CSI, misalnya, memiliki 7.000 anggota dengan dana yang dihimpun sebesar Rp 2 triliun. Sementara Dream for Freedom beranggotakan 700 ribu peserta sebagian besar di Bengkulu, Palembang, dan Jakarta, dengan dana yang dihimpun mencapai Rp 3,5 triliun.

Banyaknya masyarakat yang menjadi korban investasi bodong ini menurut Tongam, disebabkan literasi keuangan yang tidak mumpuni dan kecenderungan masyarakat Indonesia yang ingin memperoleh keuangan dengan cara yang mudah.

Di Cirebon, Jawa Barat misalnya, Satgas Waspada Investasi menemukan bahwa 70 persen PNS Kabupaten Cirebon menjadi peserta investasi PT CSI.


loading...

Feeds

Air merendam rumah warga di Kec. Pasaleman yang tingginya hampr menutup rumah. Foto: Bagja/pojokjabar

1.000 KK Korban Banjir Butuh Bantuan

POJOKJABAR.com, CIREBON – Lebih dari 1.000 Kepala Kelurga (KK) di Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon menjadi korban bencana banjir akibat jebolnya …