Kota Depok Waspada Hujan Disertai Petir

Ilustrasi Hujan

Ilustrasi Hujan

POJOKJABAR.com, DEPOK – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DKI terus memantau cuaca di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Hujan berintensitas lebat yang disertai petir di seluruh Jabodetabek diprediksi mencapai puncaknya. Kepala Humas BMKG Harry Djatmiko menyatakan, hujan lebat yang turun sejak Sabtu (22/10) diprediksi berakhir hari ini. Intensitasnya akan berangsur menurun.

“Prediksi kami, tiga hari. Mulai Sabtu lalu hingga besok (hari ini, red),” ucapnya.

Pantauan dilakukan dengan melihat pergerakan angin di atmosfer. Harry menuturkan, hujan lebat tidak hanya dirasakan di Jabodetabek. Ada 17 wilayah lain yang mengalami kondisi serupa. Diantaranya, Lampung, Bengkulu, Riau, dan Jogjakarta.

Selain itu, Jawa Barat hingga Jawa Timur. Kondisi tersebut juga berdampak pada gelombang air laut. Deputi Bidang Meteorologi, Yunus Swarinoto mengimbau masyarakat di pesisir Jakarta Utara terus waspada. Dia mengungkapkan, ada potensi gelombang laut tinggi. Ketinggiannya 2,5-4 meter.

“Wisatawan yang menggunakan transportasi laut haarap berhati-hati,” terangnya.

Yunus melanjutkan, perairan Selat Sunda terpantau mengalami gelombang tinggi. Selain Selat Sunda, ada beberapa titik perairan yang mengalami hal serupa. Diantaranya, perairan barat Bengkulu, perairan selatan Jawa, dan perairaan Pulau Sumba.

Kepala Pelaksana Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Denny Wahyu menerangkaan, sungai masih terpantau aman selama musim hujan ini. Dia menuturkan, berdasar pantauan BPBD, tepatnya pukul 18.20, kondisi 13 pintu air terpantau masih aman.

Hanya ada satu pintu air yang berstatus siaga III. Yakni Pintu Air Marina dengan ketinggian permukaan air mencapai 198 centimeter (cm). Sementara itu, yang cukup mengkhawatirkan karena masuk level siaga II adalah Pintu Air Pasar Ikan (202 cm).


loading...

Feeds