Cegah, Kota Depok Sambut Tim Saber Pungli

Ilustrasi Pungli.

Ilustrasi Pungli.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Pembentukan Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli yang tertera dalam Perpres Nomor 87 Tahun 2016, bakal melibatkan pemerintah daerah.

Ini pula yang ditegaskan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung bahwa para pejabat daerah mulai dari Gubernur, Bupati, dan Walikota akan menjadi perpanjangan tangan pemerintah pusat dalam memberantas aksi pungli.

Atas instruksi tersebut, Walikota Depok, Mohammad Idris menegaskan pihaknya siap bekerjasama dengan Tim Saber Pungli.

Hal tersebut akan disesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diindikasikan sebagai titik Tsunamirawan terjadinya pungli, salah satunya pada proses perizinan. Namun, Idris tidak menyebutkan secara jelas titik rawan pungli tersebut.

“Nanti akan kami jelaskan pada tim Saber Pungli soal SOP dalam pengurusan perizinan di kedinasan,” kata Idris kepada Radar Depok, Senin (24/10/2016).

Selain itu lanjut Idris, SOP yang akan disampaikan mulai dari awal pengurusan izin, biaya administrasi, hingga durasi pengurusan, serta pengurusan izin selesai.

Apabila ada hal yang diragukan dan dikeluhkan masyarakat, mereka dapat melakukan pengaduan kepada Pemkot Depok maupun Tim Saber Pungli.

Idris secara tegas mengungkapkan, apabila terjadi operasi tangkap tangan (OTT) yang melibatkan pegawai Pemkot Depok, akan dilakukan penindakan sesuai ketentuan hukum yang berlaku sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).


loading...

Feeds