Angka Kematian Ibu Melahirkan di Kota Depok Akhirnya Menurun

Ilustrasi Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu Hamil

POJOKJABAR.com, DEPOK – Angka kematian ibu melahirkan di Depok mengalami penurunan. Di 2015 rasio angka kematian ibu (AKAKI) 14/40.186. Angka tersebut turun dimana pada 2014 terjadi 17/46.679. Berdasarkan data tersebut, Depok menjadi 3 terendah di Jawa Barat (Jabar).

“Dengan segala upaya bersama seluruh tim, Depok menjadi 3 terendah di Jawa Barat,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Enny Ekasari, kepada Radar Depok, Minggu (23/10/2016).

Enny menambahkan, selain penguatan tim di puskesmas, ada juga sistem rujukan yang dibagi secara regional. Sehingga puskesmas diawalnya memberikan rujukan ke rumah sakit terdekat sesuai lokasi.

Lalu juga ada pembinaan dari rumah sakit kepada puskesmas bagaimana penanganan sebelum akhirnya kasusnya berat dan harus ditangani oleh pihak rumah sakit.

Tak hanya itu, kerjasama yang baik antara Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kader PKK, PMI dan lainnya. Setiap ibu yang akan melahirkan harus memiliki dua pendonor sehingga ketika memerlukan darah sudah siap.

“Kami sudah membuat regional soal rujukan agar ketika ibu melahirkan harus dirujuk bisa tertangani dengan cepat karena lokasinya tidak jauh dari puskesmas,” ungkapnya.

(radar depok/ina)


loading...

Feeds