Dari 13 Hektar, Situ Pengasinan Kota Depok Kini Menyisakan 7 Hektar

MENURUN: Sepanjang libur lebaran, Situ Pengasinan di Kecamatan Sawangan menurun hingga 30 persen.

MENURUN: Sepanjang libur lebaran, Situ Pengasinan di Kecamatan Sawangan menurun hingga 30 persen.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Umumnya sebagian masyarakat Kota Depok tahu Kelurahan pengasinan memiliki wisata air : Situ Pengasinan. Dahulu, Situ Pengasinan memiliki luas 13 hektare, dan kini telah menjadi 7 hektar.

Selain itu, Situ pengasinan merupakan gabungan dari tiga buah situ yang terletak di Kelurahan Pengasinan, yaitu Situ Kecil, Panjang, Bundar Angin sepoi-sepoi akan dirasakan setiap berkunjung ke Situ Pengasinan yang terletak di Kelurahan Pengasinan.

Riuh suara air yang bergemuruh dari kucuran air dan disambut kayuhan mainan bebek-bebekan menyempurnakan, bila ingin relaksasi disini.

Menurut, Ketua Pokdarwis Situ Pengasinan, Asyari. Situ Pengasinan merupakan salah satu ojek wisata 9yang paling banyak didatangi masyarakat Kota Depok.

“Situ Pengasinan merupakan gabungan dua dari tiga situ yang berada diwilayah Kelurahan Pengasinan,” terang Asyari.

Sambil mengisahkan, tiga situ yang berada diwilayah Kelurahan Pengasinan seperti, Situ Kecil, Bundar dan Panjang. Ketiga situ tersebut terhubung dengan beberapa aliran sungai, dan undakan tanah.

Namun lambat laun, Situ Kecil telah berubah menjadi persawahan dan beberapa rumah warga, yang terletak di perbatasan wilayah Kelurahan Pengasinan dan Kelurahan Duren Seribu.

Sedangkan, Situ Panjang dan Bundar kini menjadi Situ Pengasinan. Asyari mengungkapkan, pada 1955 Situ Pengasinan memiliki luas 13 hektar, namun seiring jalannya waktu. Situ Pengasinan hanya memiliki luas 7 hektar.


loading...

Feeds