Pasar Se-Depok Perbaiki Nilai Adipura

Ilustrasi Sampah di Kota Depok. FOTO : Dicky / Radar Depok.

Ilustrasi Sampah di Kota Depok. FOTO : Dicky / Radar Depok.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Guna mendukung Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam meraih Adipura dan meminimalisir pengiriman sampah, sejumlah pasar tradisional terus melakukan pembenahan dalam pengelolaan sampah.

Dari catatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, dalam sehari 80 ton sampah yang berasal dari pasar.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Pasar, M Fitriawan mengatakan, pembenahan dalam meminimalisir jumlah sampah yang dikirim ke TPA Cipayung terus dilakukan di lima pasar tradisional.

Diantaranya Pasar Kemirimuka, Pasar Agung, Pasar Cisalak, Pasar Sukatani, dan Pasar Tugu, telah melakukan pengelolaan mulai dari pedagang, TPS, hingga TPA.

“Dalam penilaian Adipura tahun lalu, kami mendapat nilai 70. Untuk itu, kami akan terus melakukan peningkatan dalam pengelolaan sampah,” ujar Fitriawan kepada Radar Depok.

Fitriawan menjelaskan, berbagai gerakan telah dilakukan pihaknya, seperti mendorong ditiap-tiap sumber sampah untuk melakukan pembenahan.

Mulai dari menyediakan tempat sampah dilingkungan pasar dan pedagang, serta melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik. Selain itu, UPS melakukan pengolahan sampah menjadi kompos.


loading...

Feeds