Kenaikan Harga Ikan di Depok Dikeluhkan Banyak Warga!

ILUSTRASI : Seorang pedagang menjual ikan laut di Pasar.

ILUSTRASI : Seorang pedagang menjual ikan laut di Pasar.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Salah seorang pembeli di Pasar Cisalak, Rohayati mengeluhkan dengan kenaikan harga ikan laut, yang biasa dia beli.

Seperti ikan cakalang dan tuna mengalami kenaikan Rp37 ribu yang sebelumnya Rp31 ribu, sehingga dia harus mensiasati penggunaan uang belanja dalam membeli ikan laut.

“Harga ikan sudah pada naik, padahal informasinya nelayan baru demo satu hari. Namun kenaikan sudah mulai terjadi,” terang Rohayati.

Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) mengatakan, kenaikan tarif sewa lahan yang dilakukan Perum Perikanan Indonesia (Perindo) di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara membatasi nelayan perikanan tangkap untuk berproduksi.

Sebab, kenaikan tarif dari tarif Rp236 juta menjadi Rp1,558 miliar per hektare atau mencapai 450 persen, memberatkan para nelayan setempat.

“Kebijakan ini utamanya memberatkan para pelaku perikanan (nelayan, buruh, ABK, dan tenaga kerja tidak langsung). Kita imbau terapkan Inpres No.7 tahun 2016, serta jangan sampai kepada pelaku usaha dalam negeri kita membatasi khususnya perikanan tangkap untuk berproduksi,” ujar Ketua Bidang Pengembangan Hukum dan Pembelaan Nelayan KNTI Martin Hadiwinata.

Adapun, Inpres No.7 tahun 2016 berisi kenaikan tarif sewa lahan sebesar 20 persen dan waktu sewa 10 tahun.

Sekedar informasi, hari ini ribuan nelayan hingga anak buah kapal di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta Utara, melakukan aksi mogok kerja.

(radar depok/dic)


loading...

Feeds

Obrolan Bersama Pojokjabar Tentang Pilbup Bogor di Graha Pena, Kamis (14/12/2017)

Pilbup 2018 di Mata Kader PDIP

POJOKJABAR.com, BOGOR– Sejumlah tokoh di Kabupaten Bogor yang ramai di media soal bursa pencalonan cabup/cawabup, dipertemukan Pojokjabar.com di Graha Pena …