Nelayan Muara Baru Demo, Harga Ikan Laut di Depok Makin Asin

ILUSTRASI : Seorang pedagang menjual ikan laut di Pasar.

ILUSTRASI : Seorang pedagang menjual ikan laut di Pasar.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Akibat aksi demo nelayan, buruh, dan Anak Buah Kapal (ABK) Muara Baru Jakarta. Terkait kebijakan pembatasan nelayan perikanan tangkap untuk berporduksi dan kenaikan tarif sewa lahan, berefek pada kenaikan harga ikan laut di beberapa pasar di Kota Depok.

Kenaikanya cukup signifikan bekisar Rp3-Rp10 ribu. Pedagang ikan laut di Pasar Kemirimuka, Hairudin misalnya. Akibat aksi mogok nelayan Muara Baru Jakarta, harga ikan laut mengalami kenaikan. Hal itu membuat dia terpaksa menyesuaikan kenaikan harga, guna tidak mengalami kerugian.

Menurutnya, kenaikan harga ikan laut membuat semakin berkurangnya peminat ikan laut, karena dengan harga normal dagangan ikannya tidak setiap harinya selalu habis.

“Harga ikan sudah naik, akibat dampak dari mogoknya nelayan di Muara Baru sehingga kami ikut menaikan harga,” ujar Hairudin kepada Radar Depok, Selasa (11/10/2016).

Hairudin menjelaskan, ada beberapa ikan laut yang paling banyak di gemari masyarakat yang mengalami kenaikan.

Diantaranya ikan tongkol yang biasanya di jual Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram mengalami kenaikan menjadi Rp28 ribu hingga Rp35 ribu per kilogram, udang besar Rp60 ribu menjadi Rp70 ribu per kilogram, ikan kembung Rp28 ribu menjadi Rp32 ribu perkilogram, dan cumi-cumi Rp55 ribu menjadi Rp60 ribu per kilogram.


loading...

Feeds