Pelajar SMP Pemberani,Hajar Begal Motor di Depok

BIAR
KAPOK: Pelaku begal motor, Benhat Harjono Silalahi (28) meringkuk di pojokan sebuah ruko kawasan Sukatani, Tapos, kemarin. Warga Jalan Tlajung RT 2/18 Kecamatan Gunungputri, Bogor itu babak belur usai dipukuli warga.(INSERT) Identitas pelaku.

BIAR KAPOK: Pelaku begal motor, Benhat Harjono Silalahi (28) meringkuk di pojokan sebuah ruko kawasan Sukatani, Tapos, kemarin. Warga Jalan Tlajung RT 2/18 Kecamatan Gunungputri, Bogor itu babak belur usai dipukuli warga.(INSERT) Identitas pelaku.

POJOKJABAR.com, DEPOK – Aksi Dede Rohayadi (15) patut diacungi jempol. Di usianya yang masih remaja, Dede berani melawan seorang begal yang mencoba melakukan perampasan motor di Jalan Indosentral, Sukatani, Depok. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 19:00 WIB, Selasa (17/11/2015) .

Saat itu, Dede melihat seorang bocah pengendara motor dihadang oleh pelaku di depan kuburan di Jalan Indosentral, Sukatani, Tapos. Dengan penuh keberanian, Dede kemudian turun dari motornya mencoba menolong bocah yang hendak dirampas motornya. Melihat kedatangan Dede, pelaku kemudian memukul wajah Dede.

“Lalu saya ambil kunci motor, saya tusuk matanya pakai kunci motor,” kata Dede ditemui di rumahnya tak jauh dari TKP, Selasa (17/11/15). Dede kemudian bergulat dengan pria berbadan besar itu. Sementara korban pertamanya lari menyelamatkan diri karena ketakutan.

“Yang anak itu pergi dia. Dia bawa motor Honda Beat,” imbuhnya. Beruntung, saat Dede bergulat dengan pelaku, seorang anggota TNI melintas. Anggota TNI yang awalnya mengira Dede sedang berkelahi dengan pelaku, langsung memiting pelaku. Pelaku kemudian dibawa anggota TNI tersebut ke sebuah ruko yang berjarak sekitar 20 meter dari lokasi kejadian. Anggota TNI kemudian menyerahkan pelaku kepada Ketua RW 10 H Kusanwapa.

“Saya dapat laporan dari warga, langsung saya telepon Pak Harjito (Iptu Harjito anggota Bhabinkaamtibmas Sukatani),” kata Kusanwapa di lokasi kejadian. Sementara itu, pelaku tersebut nyaris diamuk warga setempat yang emosi dengan ulah pelaku. Pantauan di lapangan kejadian terjadi pukul 20:00 WIB, Selasa (17/11), pelaku yang diketahui bernama Benhat Harjono Silalahi (28) itu meringkuk di pojokan sebuah ruko. WargaJl Tlajung RT 2/18 Kecamatan Gunungputri, Bogor itu wajahnya sudah babak belur.

Celana jinsnya tampak robek di bagian lutut. Sementara sebuah tas menyelempang di pundaknya. Berkali-kali pria itu meracau. Ia membantah telah melakukan kejahatan. Bau alkohol menyeruak dari mulut pria bertinggi badan sekitar 168 Cm itu.

“Pak ampun pak saya enggak ngapa-ngapain, tolong pak,” Benhart meminta pengampunan. Sementara ratusan warga sudah mengerumuni pelaku. Beruntung, emosi warga dapat diredam setelah anggota Bhabinkamtibmas Aiptu Harjito yang tiba di lokasi tidak lama setelah pelaku diamankan. “Bakar…bakar…!,” teriak warga yang kesal dengan ulah pelaku.

Harjito bersama Ketua RW 10 H Kusanwapa mencoba menenangkan warga yang sudah marah. Sementara pelaku jongkok di pojokan sebuah ruko. Harjito bersama Kusanwapa, dua orang satpam dan beberapa pemuda yang sadar Kamtibmas membentengi pelaku dari amukan warga. Sementara Harjito menghubungi Polsek Cimanggis untuk menurunkan anggota guna menggiring pelaku ke kantor polisi.

“Bunuh…bakar, jangan dibiarkan hidup,” teriak warga lagi. Anggota Polsek Cimanggis belum tiba saat itu, sementara situasi semakin tidak kondusif. Beberapa pemuda mencoba memukul pelaku, namun dihalangi oleh Harjito. “Tenang….tenang,” teriak Harjito di tengah kerumunan warga.   “Jangan berbuat yang enggak-enggak,” tambahnya lagi.

Bahkan, seorang bapak yang kesal mencoba mendekati pelaku. Bapak itu bersitegang dengan Kusanwapa. “ Emang saya mau ngapain, saya cuma mau lihat . Tenang pak, jangan emosi. Saya ini Ketua RW,” jawab Kusanwapa sementara beberapa orang lainnya mencoba melerai persitegangan itu. Hampir sekitar 1 jam, Harjito, Kusanwapa dan segelintir pemuda sadar Kamtibmas mencoba menahan amukan warga. Hingga akhirnya Kapolsek Cimanggis Kompol Arlon dan sejumlah anggota tiba di lokasi, langsung membawa pelaku ke kantornya untuk diinterogasi lebih lanjut. Untuk diketahui, jarak dari lokasi ke Polsek Cimanggis berjarak sekitar 8 Km. Dari Polsek Cimanggis, petugas harus menggunakan jalur Jl Raya Bogor yang memang macet pada jam tersebut, sehingga butuh waktu bagi anggota untuk tiba di lokasi.

(radardepok/jun/dtc)


loading...

Feeds

Lagi, Kali Bekasi Mengeluarkan Busa

Kelemahan Pemkot Soal Kali Bekasi Disorot

Direktur Eksekutif Kawal Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (KAWALI), Puput TD Putra, menyoroti lemahnya pengawasan pemerintah terhadap pencemaran Kali Bekasi. Diketahui, …