TNI AD Siap Jadikan Ciliwung untuk Eko Wisata

BERSIHKAN CILIWUNG: Lisuma Kota Depok ikut membersihkan Kali Ciliwung di Kelurahan Baktijaya, Sukmajaya, Ahad Kemarin

BERSIHKAN CILIWUNG: Lisuma Kota Depok ikut membersihkan Kali Ciliwung di Kelurahan Baktijaya, Sukmajaya, Ahad Kemarin

POJOKSATU.id,DEPOK – Komitmen untuk menjadikan Sungai Ciliwung bersih juga tertanam dalam diri mahasiswa. Ini terlihat dari giat Lingkar Studi Mahasiswa (Lisuma) Kota Depok, yang terjun langsung membersihkan kali Ciliwung, Ahad kemarin. Sekretaris Umum LISUMA Gunadarma, Elmy Pajrial mengatakan, mahasiswa yang berada di Depok mempunyai peran dan rasa peduli untuk ikut membantu personil TNI membersihkan sampah yang sangat banyak dan menumpuk di pingiran Sungai Ciliwung.

Menurutnya, saat Ini kesadaran masyarakat sangat minim untuk Depokmenjaga dan merawat kali terbesar yang melawati Kota Depok itu. “Sungai Ciliwung ini sering ditengarai keladi dari banjir di Jakarta. Padahal bila dijaga kali ini sangat berperan dan mempunyai fungsi penting bagi kedua wilayah itu . Bahkan dari hulunya yang berada di Bogor,” kata Elmy. Bila melihat Ciliwung saat ini, dia berujar, tumpukan sampah memang sedikit demi sedikit berkurang. Ini lantaran ada komitmen dari TNI untuk membersihkan kali ini. “Memang rutin turun setiap minggu.

Dan kami juga membantu untuk membersihkannya,” terangnya. Ia menjelaskan tumpukan sampah yang ada di pinggiran kali Ciliwung memang sangat meresahkan. Artinya, memang kesadaran masyarakat masih sangat kurang untuk menjaga lingkungan. Mahasiswa, kata dia, bakal mencoba membuat program lingkungan khusus untuk menangani Kali Ciliwung.

“Perlahan kami akan ketuk kesadaran masyarakat agar ikut peduli dan menjaga lingkungan. Salah satunya dengan pemberdayaan masyarakat dengan membuat bank sampah di sekitar Ciliwung,” terangnya. Selain itu, Lisuma berharap Pemkot Depok bisa mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungann dengan melakukan sosialiasi ataupun penyuluhan pemanfaatan air sungai sehingga warga bisa memanfaatkan kali sebagai mestinya.

“Ciliwung bukan hanya untuk pembuangan sampah saja. kalau perlu penjarakan saja mereka yang merusak Kali Ciliwung ini,” terangnya. Dandim 0508/Depok, Letkol inf Santosa mengatakan, Sungai Ciliwung milik masyarakat bersama. Karena itu, perlu dipelihara keindahan dan kelestariannya.

Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kepedulian bersama, termasuk seluruh komponen masyarakat termasuk pemerintah. Dijelaskan dia, aksi Ciliwung bersih, indah dan sehat yang dimotori TNI AD ini dalam bentuk kedepan akan dijadikan sebagai eko wisata air. “Golnya program ini akan dijadikan Kali Ciliwung sebagai eko wisata air. Mari kita selamatkan yang masih tersisa,” tandasnya.

(ham)

Feeds