Agendakan UKK dan UTS Berbasis Komputer

ilusterasi

ilusterasi

POJOKSATU.id,DEPOK – UN CBT yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam memanfaatkan teknologi,mendapatkan respon positif dari SMA dan SMK di Kota Depok.Menurut Kepala SMAN 2 Kota Depok, Umar, dengan berbasis komputer ini tentunya menjadikan siswa terbiasa dalam melakukan apa pun dengan menggunakan teknologi.

Oleh karena itu, Umar yang juga menjadi Ketua Kelompok Kerja Kepala SMA (K3SMA) Kota Depok berencana, akan menerapkan ujian berbasis komputer di SMAN 2, baik itu untuk ujian kenaikan kelas (UKK) ataupun ujian tengah
semester (UTS).

Itu semua jika terlaksana akan dikelola oleh SMAN 2 Depok untuk teknis pelaksanaannya. “Ujian dengan berbasis komputer adalah sebuah kemajuan dalam dunia pendidikan. karena penggabungan antara teknologi dengan pembelajaran,” ucapnye kapada Radar Depok.

Alasan Umar ingin UKK dan UTS berbasis komputer, karena UN CBT tidak hanya dilaksanakan di tahun ini saja, tetapi untuk berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan adanya kelengkapan sarana dan prasarana, terutama komputer dan listrik untuk menerapkan UN CBT.

Tentu itu menjadikan sekolah harus memiliki banyak komputer. Tentu sayang jika komputer tersebut, hanya di gunakan di UN CBT saja. Karena bisa juga digunakan untuk UKK dan UTS bagi siswa kelas X dan XI. “Kendalanya adalah kelengkapan sarana dan prasarananya.

Karena butuh modal yang besar untuk mengadakan komputer dan memiliki ruangan khusus untuk komputer tersebut,” jelasnya. Hal senada juga dikatakan Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin yang juga ingin ujian berbasis komputer diterapkan di UKK dan UTS.

Menurut Tatang, siswa menjadi lebih nyaman dan tenang dalam mengerjakan ujian jika berbasis komputer. Tidak hanya itu saja, dengan ujian berbasis komputer, kemungkinan siswa mencontek menjadi kecil, bahkan tidak ada.

“Tetapi di SMKN 2 Depok, ruangan dan komputernya belum cukup. Mudah-mudahan di tahun ajaran depan (2015 – 2016), bisa terpenuhi kebutuhannya, sehingga bisa UKK dan UTS berbasis komputer,” jelasnya.

(peb)

Feeds