Partisipasi Masyarakat Masih Kurang

MENINJAU: Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Agus Sutomo meninjau kegiatan bebersih Sungai Ciliwung. kemarin

MENINJAU: Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Agus Sutomo meninjau kegiatan bebersih Sungai Ciliwung. kemarin

POJOKSATU.id, DEPOK – Pangdam Jaya/Jayakarta, Mayjen TNI Agus Sutomo bersama Danrem 051/Wijayakarta, Kolonel Inf Suharyanto, dan Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Santosa, meninjau kegiatan karyabakti di Sungai Ciliwung, kemarin pagi.

Kegiatan yang difokuskan di tiga titik ini mendapat soroton Pangdam Jaya karena minimnya pastisipasi warga peduli lingkungan yang terlibat. ”Keberhasilan kegiatan yang nantinya rutin dilaksanakan setahun kedepan, perlu sinergitas dengan semua pihak. Lingkungan menjadi tanggungjawab semua pihak,” ungkap Mayjen Agus Sutomo kepada Radar Depok.

Dia juga memberi apresiasi kepada anak buahnya yang tetap bersemangat bertugas, walau dihari libur. Program bebersih Sungai Ciliwung ini, menurutnya, tercetus pertama kali dari kemirisan yang dia rasakan melihat kondisi sungai purba tersebut.

”Ini juga bagian dari tugas TNI selain berperang, sedangkan di Jakarta kondisi Sungai Cilwung sebagai salah satu ikon sangat memprihatinkan, karenanya tercetus program ini yang gunanya mengembalikan keindahan dan kebersihan sungai ini,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyinggung dengan minimnya keterlibatan masyarakat. ”Kalu dulu, sangat mudah untuk meminta warga bekerja bakti. Kini, hal itu sulti dilakukan,” bebernya.

Selain program bebersih Sungai Ciliwung, saat ini dirinya juga sedang membagikan 1900 drum sampah di titik-titik tertentu. Sementara itu, Dandim 0508/Depok, Letkol Santosa berharap partisipasi warga mampu lebih lagi. Dan kini, menurutnya pelan-pelan kesadaran dari semua unsur masyarakat mulai terasa.

”Hampir setiap minggu kami mengadakan kegiatan ini dan setiap minggu pula semua unsur masyrakat dan pemerintah ikut serta dalam kegiatan ini. Ciliwung milik kita bersama, karena itu perlu adanya sinergitas,” tandasnya.

(bry)

Feeds