Bikin Akta Tak Perlu Uang

AKTA GRATIS: Petugas Didukcapil Kota Depok tengah melayani warga yang akan mendaftar pada program pembuatan akta kelahiran Gratis di Kantor Lurah Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoranmas

AKTA GRATIS: Petugas Didukcapil Kota Depok tengah melayani warga yang akan mendaftar pada program pembuatan akta kelahiran Gratis di Kantor Lurah Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoranmas 

POJOKSATU.id, DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok kembali menggelar hajatan Gebyar Akta Kelahiran gratis, yang bertempat di Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoranmas. Kegiatan tersebut sebagai langkah untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membuat akta kelahiran gratis.

Koordinator Gebyar Akta Kelahiran Disdukcapil, Mujahidin mengatakan, semua yang mempuyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) Kota Depok, akan dilayani pembuatan aktanya. Tak ada batsan usia di dalam program ini.

Intinya, kata dia, pihaknya ingin mewujudkan Depok sebagai Kota Layak Anak dengan memberikan pelayanan pembuatan akta gratis ini, sebagai pemenuhan hak dasar sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

”Kami ingin mempermudah fasilitas bagi masyarakat,” ungkapnya kepada Radar Depok, kemarin. Mujahidin menuturkan, mengenai syarat pembuatan akta, warga diminta menyiapkan sejumlah perlengkapan, seperti fotocopy KTP-KK yang masih berlaku, mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), buku nikah orangtua yang sudah dilegalisir, serta Surat Keterangan Lahir yang dikeluarkan Rumah Sakit, bidan, atau klinik bersalin.

”Kalau tidak punya surat keterangan lahir, bisa diganti dengan ijazah sekolah atau kalau tidak punya ijazah, juga diperbolehkan membuat surat pernyataan bermaterai,”

papar Mujahidin Sementara itu, Lurah Rangkapan Jaya Baru, Dudi Muhammad mengatakan, sebelum acara di gelar pihaknya telah mensosialisasikan kepada seluruh Rukun Warga (RW) di wilayahnya demi keberlangsungan acara tersebut. ”Seluruh RW yang berjumlah 15, sudah kami sosialisasikan. Alhamdulillah ternyata bersemangat mengikuti pelayanan gratis ini,” tandasnya.

(cr2)

Feeds