Sosialisasi Bisa Menangkal Konflik

ilusterasi: sosialisasi politik yang diadakan kesbangpol

ilusterasi

POJOKSATU.id, DEPOK – Guna memperkecil potensi konflik saat pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Depok, Desember nanti. Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok mengimbau agar pihak-pihak terkait seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, gencar memberi pengetahuan politik kepada masyarakat.

Kepala Kesbangpol Kota Depok, Taufan Abdul Fatah mengatakan, sosialisasi merupakan salah satu cara untuk bisa memperkecil konflik yang terjadi antara masa pendukung. ”Dengan sosialisai, maka masyarakat akan mengerti arti dari demokrasi di pemilukada,” katanya kepada Radar Depok, kemarin.

Dikatakannya, dalam melakukan sosialisasi, harus disertakan materi politik yang mengacu terhadap peraturan dan juga sebab akibat. ”Pemahaman seperti ini mutlak harus dipahami dulu oleh masyarakat, sehingga tak mudah terpancing isu-isu provokasi,” tegas dia.

Selain itu, mantan Camat Tapos ini menuturkan, sosialisasi juga bisa meningkatkan minat masyarakat untuk menyumbangkan hak pilihnya pada pemilu, khsusunya bagi kalangan muda.

”Jelas bisa menarik minat masyarakat untuk mencoblos,” katanya Sementara itu, Komisoner KPU Kota Depok Nurhadi menuturkan, KPU sudah memulai sosialisasi di Kota Depok.

Menurutnya, berbagai bentuk koordinasi dengan OPD juga merupakan bagian dari sosialisasi.
”Segala macam kegiatan yang berkaitan dengan pemilu itu merupakan sosilaisasi,” tandasnya.

(yan)

Feeds