Ratusan Polisi Pelototi Soal UN

EKSTRA KETAT: Pemerintah Kota Depok menyiagakan kamera pengawas alias CCTV di tiap ruangan penyimpangan naskah soal UN. Selain itu, polisi juga disiagakan hingga hari terakhir pelaksanaan UN

EKSTRA KETAT: Pemerintah Kota Depok menyiagakan kamera
pengawas alias CCTV di tiap ruangan penyimpangan naskah
soal UN. Selain itu, polisi juga disiagakan hingga hari terakhir
pelaksanaan UN

POJOKSATU.id, DEPOK – Pendistribusian soal-soal Ujian Nasional (UN)telah sampai di tiga titik bongkar. Yakni UPT Pendidikan TK dan SD Kecamatan Cimanggis, SMPN 3 Depok, serta SMAN 1 Depok.

Ribuan naskah soal tersebut tiba sekitar pukul 06:00 kemarin. Pantauan Radar Depok di lapangan, pengamanan naskah soal UN dilakukan super ketat. Sejumlah polisi disiagakan di sejumlah tempat titik bongkar.

“Kami sudah bekerjasama dengan Polres Depok. Mulai hari ini (kemarin) hingga hari terakhir pelaksanaan UN nanti 1ujar Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Pendas) Disdik Kota Depok, Didi Suryadi kepada Radar Depok, Jumat (10/4).

Didi mengatakan, untuk lebih menjamin keamanan soal, pihaknya juga menyiagakan dua CCTV Closed Circuit Television) di sudut ruang penyimpangan soal.

“Kami operasikan nonstop 24 jam. Senin pagi nya, komisariat (koordinator) dari masing-masing sekolah akan mengambil soal dengan pengawalan dari pihak kepolisian, dan kemudian dibagikan ke sekolah,” tambah Didi.

Ia menjelaskan, sebelum naskah soal UN dibagikan, nantinya akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu. Untuk memastikan tidak ada sekolah yang kekurangan atau kelebihan soal UN.

Karena, hal tersebut bisa menghambat keberlangsungan UN dan merugikan siswa karena menghabiskan waktu mereka mengerjakan soal.

“Nanti sebelum dibagikan, naskah soal akan dicek terlebih dulu, dilihat bagaimana amplompnya, masih rapi dan disegel apa tidak, jika terjadi kerusakan, nantinya akan dilaporkan ke pihak Provinsi,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Depok, Kompol Tri Yulianto mengatakan, ada 177 sekolah yang akan dijaga keamanannya, dengan menerjunkan 192 personel. Sedangkan, untuk rayon dan sub rayon, Polresta Depok menerjunkan 37 personel.

Jadi, tentang teknis pengamanannya, mulai dari penyimpanan naskah di rayon, pendistribusian di sub rayon, pelaksanaan UN dan pengembalian naskah hasil UN. “Kami menerjunkan personel dari Polresta Depok dan Polsek-polsek,” katanya.

(peb/mg1)

Feeds