Pastikan Jalannya Pemilukada Depok Berlangsung Lancar

ilusterasi

ilusterasi

POJOKSATU.id, DEPOK- Kerja Panwaslu Kota Depok dalam mengawal jalannya pemilukada memang sangat diperlukan. Fungsi panwaslu sebagai pemantau, tentunya harus bisa menjamin kemanan dan keadilan, termasuk kenyamanan saat pemilu berlangsung.

Berbagai tugas tersebut tentunya harus bisa dijalani oleh panwaslu dengan adil dan tidak memihak. Untuk itu anggota dan ketua yang menduduki jabatan di Panwalu Kota sangat dituntut untuk bisa senetral mungkin.

Dari mulai dilakukan seleksi, calon ketua panwalu selalu dituntut untuk netral dan juga memahami peta politik yang ada di wilayah yang akan dipimpinya. Seleksi pun dilakukan dengan berbagai tahapan agar menghasilkan ketua yang benar-benar bisa berkerja mengawasi pemilu.

Mulai bergulirnya Pemilukada Kota Depok 2015, menjadi tugas pertama yang dikawal oleh Ketua Panwaslu Depok yang nantinya akan terpilih. Tentunya saja pemilukada kali ini harus berlangsung aman dan damai, karena pada pemilukada lalu berbagai konflik sempat mewarnai jalannya proses pesta demokrasi tingkat Kota Depok tersebut.

Masyarakat tentunya menyimpan berbagai harapan kepada Panwaslu Kota Dpeok nantinya. Tugas harapan untuk bisa mengawal jalannya pemilukada dengan baik tentunya menajadi harapan dari semua masyarakat Kota Depok.

Banyanya alat peraga yang sat ini bermunculan tentunya menjadi salah satu tugas anwaslu jika peraturan pemasangan alat peaga tersebut sudah diterbitkan oleh KPU Depok sebagai pantia pelaksana pemilu.

Pengamat Politik dari Insonesia Sosial Media Politika, Aprikie Putra Wijaya mengaku bahwa Panwaslu memang merupakan salah satu lembaga yang sangat vital dalam pelaksanaan sebuah persta demokrasi.

Menurutnya jika para pengenyam jabatan di tubuh Panwaslu tidak memiliki sikap independen dan juga adil maka akan sangat berpengaruh terhadap jalannya pemilukada. ”Posisi itu sangat vital dan tidak bisa sembarang orang bisamenduuki jabatan tersebut,” katanya

Diakuinya dalam pelaksanaan pemilu, panwaslu juga harus aktif dan sigap memantau semua kejadian dan juga keluhan tentang pemil yang ada di kalangan masyarakat.

Dengan kesigapan yang dilakukan oleh panwaslu tentunya akan bisa meminimalisir terjadinya konflik dan keurangan saat pemilukada nanti.”Jelas harus sigap, setiap saat ada laporan ataupun temuan harus segera ditindak lanjut,” tukasnya

(yan)

Feeds