Kodim Bentuk Gerakan Pembangunan Raja Adat

ilusterasi

ilusterasi

POJOKSATU.id, DEPOK – Pangan merupakan kebutuhan utama yang dikonsumsi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat akan pentingnya hal tersebut, dalam meningkatkan kuantitas pangan, Komando Distrik Militer (Kodim) membuat gerakan Pembangunan Raja Adat yang berarti gerakan pembangunan rakyat sejahtera Angkatan Darat.

Dalam paparannya, narasumber pada sosialisasi pertanian terpadu berbasis organik untuk wilayah Kodim 0508/Depok di Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, Depok, TO. Suprapto mengatakan, bahwa program yang memiliki slogan “Membangun dari Bawah, Membongkar dari Atas” tersebut merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan TNI sebagai agen perubahan masyarakat dalam meningkatkan swasembada pangan.

Sehingga, nantinya masyarakat tidak merasa khawatir dan takut akan kurangnya pangan dalam mencukupi kehidupan. “Untuk membantu mewujudkan cita-cita warga di seluruh Indonesia dalam berdaulat atas pangan, TNI AD turut andil. Mengingat tugas mereka yaitu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” tutur aktivis pada Joglo Tani di Yogyakarta, Jumat (10/04).

Selain itu, hal ini dirasa penting karena masih banyak lahan yang belum dioptimalkan untuk budidaya (khususnya wilayah di luar Jakarta), banyak lahan produktif beralih fungsi menjadi bangunan/tempat tinggal (khususnya wilayah di Pulau Jawa), masyarakat (khususnya di perkotaan) komsumtif dengan alasan tidak memiliki lahan untuk budidaya.

Dengan begitu, melalui gerakan ini, pihak TNI AD akan terus bersinergi melakukan pengelolaan lahan kosong untuk budidaya, membatasi alih fungsi lahan produktif, mengembangkan budidaya kawasan rumah lestari pangan, mengatasi tekanan-tekanan dengan meningkatkan SDM pertanian, serta membuat wadah belajar masyarakat pertanian terpadu.

(gun/net/**)

Feeds