DPT Tak Lewat Disdukcapil, E-KTP Tetap Harus Beres

ilusterasi

ilusterasi

POJOKSATU.id, DEPOK – DPRD Kota Depok terus mendesak agar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, bisa secepatnya menyelesaikan proses perekaman Elektronik KTP (e-KTP). Hal ini erat kaitannya dengan gelaran Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Depok yang makin dekat : 9 Desember.

Anggota Komisi A DPRD Kota Depok, Rachmin Siahaan mengatakan, meski memang sebenarnya, pada penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) nanti, dilakukan langsung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

”Namun begitu, saya rasa nperekaman harus terus digenjot,” ungkapnya kepada Radar Depok, kemarin. Menurutnya, program e-KTP memang harus segera diselesiakan.

Walau di pemilukada kepemiliukan e-KTP tak menjadi sebuah aturan mutlak, namun bagi Rachmin, KTP yang dilengkapi dengan chip ini, pasti akan dipakai pada kemudian hari. ”Jangan biarkan semakin lama, karena banyak fungsi lain dari ne-KTP,” tegasnya.

Sebelumnya, Kasi Pendudukan Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kota Depok Jaka Susanta mengatakan, saat ini seluruh kelurahan di Kota Depok : 63 kelurahan, sudah bisa mencetak e-KTP secara mandiri. Sebab, seranan perekaman sampai percetakan, sudah tersedia.

”Saat ini sudah mudah dan cepat tinggal masyarakat datang langsung ke kelurahan langsung di rekam dan beberapa hari di cetak,” papar Jaka.

Jaka mengatakan, meratanya perekaman e-KTP di seluruh kelurahan di Depok, boleh dibilang sebagai prestasi tersendiri. Pdahal sampai Februari lalu, baru 14 kelurahan yang bisa. ” Maret kemarin dari 56 kelurahan tinggal tujuh kelurahan yang belum mendapatkan fasilitas tersebut.

Namun, 31 Maret 63 kelurahan semua sudah tersedia dan target kami menyiapkan failitas percetakan ke semua kelurahan, April ini rampung,” ujar Jaka.

Diketahui, wajib e-KTP di Kota Depok 1.213.355 jiwa, sedangkan yang sudah di cetak 1,034,780.000, dan yang belum di cetak 8.638. Sedangkan yang sudah di rekam tapi belum di cetak 11.327.

Selain itu dari segi blangko e-KTP, tidak perlu di khawatirkan. Karena, setiap kali mengajukan blanko E-KTP yang akan mau di cetak, selalu dipenuhi oleh kemendagri.

(yan/ham)

Feeds