Penetapan DPT Lalui Tiga Tahapan

ilusterasi : Petugas KPPS tengah melakukan perhitungan saat pemilihan legeslatif, beberapa tahun lalu.

ilusterasi : Petugas KPPS tengah melakukan perhitungan saat pemilihan legeslatif, beberapa tahun lalu.

POJOKSATU.id, DEPOK – Tahapan pemuktahiran data pemilih yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok nanti, ternyata dibagi menjadi tiga tahapan. Ini demi menghasilkan data pemilih yang akurat.

Komisioner KPU Depok, Suwarna mengatakan, tahapan pertama yang dilakukan KPU adalah melakukan verifikasi, usai KPU menerima DP4 dari Kementerian Dalam Negeri. “Setelah kami menerima data dari kemendagri, kami akan turun dengan tim yang telah dibentuk diantaranya Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDT),” ucapnya kepada Radar Depok, kemarin.

Setelah itu, kata dia, KPU akan melakukan pembentukan Daftar Pemilih Tetap (DPT) 1. Langkah ini merupakan tahapan yang akan dilalui para pemilik hak pilih, namun tidak terdaftar di DPT. Di tahapan tersebut, masyarakat bisa mengajukan diri untuk masuk ke DPT.

Setelah itu tahapan penetapan DPT. Suwarna menuturkan, di tahapan tersebut, pihaknya akan menetapkan jumlah pemilih di Kota Depok yang berhak menyumbangkan suaranya pada Pemilukada Depok yang rencananya berlangsung 9 Desember nanti.“Pada tahapan ini, jumnlah pemilih sudah pasti,” ucapnya.

Diakuinya, tahapan tersebut juga dilakukan pihak KPU Kota Depok saat Pemilihan Presiden dan juga Pemilihan Legislatif lalu. “Tahapan yang sama juga kami lakukan pada setiap pemilu yang berlangsung,” tandasnya.

(yan)

Feeds

TRANSPORTASI: Pegawai Stasiun Sukabumi saat akan mengecek kereta Pangrango Jurusan Sukabumi-Bogor, Jumat (9/12/2016). FOTO: IKBAL/RADARSUKABUMI

2020 Stasiun KA Pindah ke Selakaso?

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi juga tidak bisa bergerak, lantaran masih menunggu kajian pemerintah pusat terkait rencana pemindahan tersebut.