Kesbangpol Buka Sosialisasi Politik

ilusterasi: sosialisasi politik yang diadakan kesbangpol

ilusterasi: sosialisasi politik yang diadakan kesbangpol

POJOKSATU.id, DEPOK – Menyambut Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Depok 2015. Kemarin, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok, menggelar sosialisasi dan pendidikan politik bagi pelajar SMA dan SMK. Acara yang berlangsung di Kinasih Resort and Confrents, Jalan Raya Sukabumi, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor tersebut, berlangsung meriah dengan dihadiri puluhan pelajar, perwakilan dari SMA-SMK di Depok.

Kepala Seksi Hubungan Antar Lembaga Politik Dalam Negeri, Kesbanngpol Depok, Juanda mengatakan, kegiatan tersebut merupakan awal langkah dari upaya Kesbangpol Depok untuk membantu menyukseskan Pemilukada Depok, Desember nanti. “Jadi ini sebenarnya agenda rutin kesbangpol. Tapi karena bertepatan dengan pemilukada, jadi kami sesuaikan dengan pemilukada juga,” ungkapnya kepada Radar Depok.

Lebih jauh, ia mengungkapkan, tidak hanya sosialisasi. Pihaknya juga memberi materi pengetahuan politik bagi para pelajar. Pengetahuan politik, kata dia, sangat penting bagi para pemilih pemula buat bekal (memilih) pengetahuannya ke depan. Juanda mengungkapkan, pada sosialisasi kali ini, kesbangpol juga melibat dua wilayah lain yang pada tahun ini menggelar pemilukada : Cianjur dan Sukabumi. “Kami juga membangun koordinasi dengan wilayah-wilayah yang juga menggelar pemilukada serentak,” katanya.

Dengan dibukanya sosialisasi, tambah mantan Lurah Serua itu, selanjutnya pihaknya akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Depok. “Kita akan menyambangi sekolah dan kampus. Targetnya, pada pertengahan April ini” tukasnya.

Sementara itu, Komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Nurhadi mengaku, untuk KPU sendiri, sosialisai mengenai pemilukada secara tidak langsung sebenarnya sudah dimulai. Merujuk sejumlah kegiatan yang telah dilakukan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD), bagi dia, itu sudah bagian dari sosialisasi.

“Kegiatan dengan koordinasi dengan OPD, itu sebenarnya sosialisasi informal yang telah dilakukan,” katanya Namun untuk sosialisasi formal, pihaknya masih menunggu Peraturan KPU (PKPU) yang masih dirancang di KPU pusat. Diakuinya, KPU Depok belum bisa melakukan sosialisasi formal, sebelum PKPU tersebut turun, karena banyak aturan yang harus disesuaikan dengan materi sosialisasi. “Banyak aturan yang berubah, jadi kami harus nunggu PKPU-nya,” tukas dia.

(yan)

Feeds