63 Kelurahan Sudah Bisa Cetak E-KTP

Jaka Susanta Kasi Kependudukan Disdukcapil Kota DepokTravelling

Jaka Susanta
Kasi Kependudukan Disdukcapil Kota DepokTravelling

POJOKSATU.id, DEPOK – Kasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kota Depok Jaka Susanta mengatakan, semua kelurahan yang ada di Kota Depok saat ini sudah bisa mencetak langsung E-KTP tampa harus mencetak Ke Dinas karena saat ini di setiap kelurahan tersebut sudah di sediakan sarana Prasaran seperti pencetakan dan perekaman semua sudah ada.

“Saat ini sudah mudah dan cepat tinggal masyarakat datang langsung ke kelurahan langsung di rekam dan beberapa hari di cetak,” papar Jaka.
Februari lalu, baru 14 kecamatan yang bisa melaksanakan pencetakan lewat kelurahan dan sekarang semua kecamatan dan kelurahan sudah memiliki alat dan pencetakan langsung.

”Maret kemarin dari 56 kelurahan tinggal tujuh kelurahan yang belum mendapatkan fasilitas tersebut. Namun, 31 Maret 63 kelurahan semua sudah tersedia dan target kami menyiapkan failitas percetakan ke semua kelurahan, April ini rampung,” ujar Jaka.Menurut Jaka pencetakan E-KTP di Kota Depok sudah sangat banyak tapi persoalan yang di hadapi belum bisa di pastikan jumlah yang sudah memiliki E-KTP dan yang belum punya E-KTP.

”Ketika sudah mencetak dan akhirnya hilang otomatis minta untuk di cetak lagi dan ada yang rusak pasti minta di cetak serta ada juga orang yang pindah dan akan dicetak lagi,” paparnya.

Diketahui, wajib E-KTP di Kota Depok 1.213.355 jiwa, sedangkan yang sudah di cetak 1,034,780.000 dan yang belum di cetak 8,638 sedangkan yang sudah di rekam tapi belum di cetak 11.327. Selain itu dari segi blangko E-KTP tidak perlu di khawatirkan karena setiap kali mengajukan Blanko E-KTP yang akan mau di cetak, selalu terpenuhi oleh pusat.

”Artinya blangko yang disediakan terpenuhi untuk depok karena selama ini penyediaan Blangko pusat yang sediakan untuk setiap daerah,” tandasnya. Adanya Pencetakan E-KTP yang langsung di cetak di setiap kelurahan sangat memudahkan bagi warga dan pemerintah, karena dengan hal ini masyarakat tidak perlu lagi untuk datang ke Dinas.“Kasus E-KTP ganda yang selama ini terjadi akan bisa terlihat jadi tidak ada lagi ada manipulasin tentang data kependudukan,” pungkasnya.

(cr2)

Feeds