DPT Pilpres 1,3 Juta, Data Wajib KTP Cuma 1,2 Juta

ilusterasi pengamatan data untuk pelaksaan pilpers

ilusterasi pengamatan data untuk pelaksaan pilpers

POJOKSATU.id, DEPOK – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok kini tengah berkerja keras untuk melakukan pengumpulan data penduduk Kota Depok, sebelum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok melakukan pemuktahiran data pemilih untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Depok nanti.

Sebagai informasi, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun lalu, Kota Depok memiliki jumlah Data Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1.310.010 jiwa. Nah sampai saat ini, data wajib KTP di Kota Depok yang dimiliki oleh disdukcapil, berjumlah sebanyak 1.213.355 jiwa.

Komisioner KPU, Suwarna mengaku, bertambah atau berkurangnya data pemilih, memang sangat berpengaruh terhadap jumlah penduduk yang tercatat di disdukcapil. Karena, data jumlah penduduk di daerah semuanya bermuara di disdukcapil.

”Data penduduk memang ada di disdukcapil,” ucapnya kepada Radar Depok, kemarin.Meski begitu, menurutnya untuk data pemilih pada pemilukada tahun ini, penentuan daftar jumlah penduduk, tahapannya tidak melalui disdukcapil. Sebab, untuk urusan ini langsung ditangani Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). ”Karena pemilukada kali ini, dilaksanakan serentak dengan beberapa daerah di Jawa Barat,” bebernya.

Lebih lanjut, jelas dia, penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari kemendagri ke KPU Depok, ditargetkan akan berlangsung pada 3 Juni mendatang. Setelah itu, KPU akan melakukan pemuktahiran DPT.”Masih ada beberapa proses lagi,” tukasnya.

Sampai kini, tambah Suwarna, pihaknya terus menjalin komunikasi dengan disdukcapil, agar data pemilih pada pemilukada nanti, bisa ditentukan tanpa adanya kesalahan jumlah. ”Untuk itu, kami dengan disdukcapil terus berkoordinasi,” beber dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Kota Depok, Epi Yanti mengatakan, jumlah wajib KTP di Depok saat ini memang sudah ditetapkan 1.213.355 jiwa. Jumlah tersebut merupakan jumlah wajib KTP yang muncul setelah dilakukan pembersihan data ganda. ”Untuk data KTP ganda dan juga warga yang sudah menginggal dan pindah sudah kami lakukan pembersihan,” cetusnya. Sementara itu, untuk jumlah total penduduk di Kota Depok, sambung Epi, memiliki total sebanyak 1.633.095 jiwa.

(yan)

Feeds