500 Kendaraan Jalani Uji Emisi

993_768_sip-uji-emisi-balaikota-fed

ilusterasi Uji Emisi Kendaraan

POJOKSATU.id, DEPOK – Sepanjang April 2015 sekitar 500 kendaraan telah melakukan uji emisi yang digelar di sejumlah titik Kota Depok. Puluhan kendaraan diantaranya tak lulus uji emisi diberikan stiker merah. Kabid Pengawasan dan Penataan Lingkungan Hidup BLH Kota Depok, Novi Andriani menuturkan, titik yang menjadi uji emisi yaitu Balaikota Depok, Margo City, dan di perumahan Pesona Khayangan, dengan target di tahun ini 2.000 kendaraan.

“Selama ini target tersebut tercover dengan baik seperti pada 2014 telah melampaui target yakni 1.500 kendaraan, hasilnya sekitar 1.700 diuji emisi,” tandasnya. Kualitas mobil di kota Depok masuk dalam kategori mobil yang cukup bagus dan baik sehingga dari hal itu tingkat pencemaran audara juga masih kategori Rendah dan masih bermutu. Novi mengaku selama ini kendala yang dihadapi adalah keberlanjutan dari kendaran yang tidak lulus uji emisi seperti apa.

“Belum ada aturan secara tertulis tentang sangsi. Dan saat ini pun juga kita tengah berkordinasi dengan pemda untuk memanfatkan lahan parkir agar meisahkan yang lulus dan tidak lulus,” tegasnya. Pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan pemkot agar ada pemisahan bagi kendaraan yang tidak lulus dan sudah lulus serta beberapa tempat parkir di pusat perbelanjaan Kota Depok.

Selain itu sebagai tindak lanjut dari kendaraan lulus di berikan tanda stiker yang warna putih dan yang tidak lulus di berikan warna merah.Pemberian stiker itu sebenarnya agar melahirkan kesadaran bagi para pemilik mobil. “Uji emisi ini sangat bagus buat kendaraan karena disampign mengetahui kwalitas mobil juga ujie emisi ini gratis sedangkan di bengkel itu bayar,” pungkasnya.

(cr2

Feeds