OPD Diminta Sinergi Sukseskan KLA di Depok

ade irfa arhaini

Ade Irfa Arhaini Kepala SMA Tarbiyah Islamiyah Kota Depok

POJOKSATU.id, DEPOK – Guna mewujudkan program Kota Layak Anak (KLA), Kepala SMA Tarbiyah Islamiyah Kota Depok, Ade Irfa Arhaini meminta OPD di lingkungan Pemkot Depok bersinergi menyukseskan KLA.

Selain itu lanjut Ade, perlu ada jaminan dan keamanan dari sisi fasilitas maupun pelayanan terhadap anak.
“Harus ada kesungguhan, anak itu kehidupannya tidak melulu di sekolah dan di rumah saja. Tetapi di tempat umum juga,” kata Ade kepada Radar Depok, kemarin.

Ade menyontohkan, Dinas Perhubungan selalu memberikan perhatian khusus terhadap ketertiban dan pendataan sopir angkot yang ada di Depok. “Mayoritas sopir di Depok adalah sopir tembak, datanya sulit terlacak. Harus ada sosialisasi atas masalah ini,” tandasnya.

Ia menganggap, peristiwa yang menimpa anak-anak yang diperkosa oleh oknum sopir angkot, Dishub sudah mempunyai pencegahn dini agar kejadian serupa tidak terulang. Ditambah lagi, pengawasan pelajar di luar sekolah menjadi hal utama.

Satpol PP bisa menjadi pemegang peran, misalnya ketika razia di tempat biasa pelajar bolos sekolah. Hal ini bisa meminimalisir kenakalan remaja.

“KLA itu bertujuan menekan angka kenakalan anak-anak, jika ada razia pelajar saat jam sekolah saya yakin kasus tawuran bisa ditekan,” jelasnya.

Diluar itu, Ade juga berharap bahwa sinergi para OPD juga didukung oleh pihak sekolah, masyarakat dan keluarga. Menurutnya, semua pihak yang disebutkan itu memiliki peranan penting dalam membentuk karakter anak.

Pembentukan karakter anak yang baik ditambah dengan pengawasan dan fasilitas yang mumpuni dari pihak Pemerintah Kota dikatakannya merupakan kunci dari terwujudnya KLA.

“Sederhananya adalah pihak keluarga yang membentuk akhlak si anak, sekolah memberikan
pendidikan, sementara pihak Pemkot memberikan fasilitas, keamanan dan kenyamanan
bagi anak dalam menjalankan aktivitas sehariannya,” pungkasnya.

(cr2)

 

Feeds