Pangeran Arif Natadiningrat Nilai UUD Masyarakat dan Hukum Adat Masih Dipandang Sebelah Mata oleh Pemerintah

POJOKJABAR.com, CIREBON– Sultan sepuh ke XIV Keraton Kasepuhan, Pangeran Arief Natadiningrat, menilai masyarakat adat Indonesia masih dimarjinalkan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah.

Dikarenakan, kata Arif, sampai kini baik perlindungan maupun perhatian, masih dipandang sebelah mata dan tidak sesuai dengan amanat undang-undang mengenai masyarakat adat.

“Ya masyarakat adat itu diamanatkan di konstitusi kita. Kan di UUD 1945. Tapi, justru dalam pelaksanaannya malahan dimarjinalkan. Ini yang membuat saya heran,” kata Arif, Sabtu (21/7/2018).

Sultan ke IX tersebut menjelaskan, adanya fenomena tersebut, diterangkannya penyelenggara negara telah gagal dalam melindungi masyarakat dan hukum adat.

“Karena pelaksana negara telah diamanatkan UUD untuk itu. Jadi kalau misalnya termarjinalkan, kan berarti itu ada pelanggan konstitusi. Untuk itu, makanya kita dukung adanya UUD perlindungan masyarakat atau hukum adat,” tutupnya.

(alw/pojokjabar)


loading...

Feeds

Scarlet

10 Aktris dengan Bayaran Tertinggi di Dunia

BERHASILĀ menggeser Emma Stone, Scarlett Johansson berhasil menempati posisi teratas sebagai aktris dengan bayaran tertinggi. Scarlett mengantongin penghasilan sebesar USD 40,5 …