Menhub Budi Karya Sumadi Akui Tingkat Kecelakaan dan Kepadatan Pemudik Malah Turun, Sebabnya?

Ilustrasi mudik

Ilustrasi mudik

POJOKJABAR.com, CIREBON- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku tingkat kecelakaan dan kepadatan di arus mudik tahun 2018 mengalami penurunan. Sebaliknya tingkat kecepatan semakin meningkat.

Hal itu dikatakannya saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka peninjauan angkutan lebaran (Arus Mudik dan Balik) ke Cirebon tepatnya di terminal Harjamukti, Selasa (12/6).

“Statistik yang kami kumpulkan ada angka-angka menarik,” ucap Budi Karya Sumadi didampingi Asops Kapolri, Dirjen Darat, Kabandara Cakra Buwana, Kadishub Provinsi Jabar, Pejabat KemenPUPR dan Jasa Raharja serta Kapolres Ciko.

Baca:

“Hasil statistik kepadatan menurun, kecelakaan juga menurun dan kecepatan naik,” ujarnya.

Budi menambahkan, berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan pada H-3, nampaknya puncak arus mudik belum terjadi pada saat ini. “Secara statistik memang ada penurunan dan prediksi puncak arus mudik belum terlihat. Mungkin besok,” jelas Budi.

Dijelaskan Budi, sekalipun program pemerintah pusat cukup berhasil dan mulai terlihat signifikan dimana berkurangnya para pemudik yang menggunakan R2, di sepanjang jalur masih ada terlihat pemudik pengendara R2 yang menumpuk di tempat-tempat peristirahatan. Budi mengimbau kepada TNI, Polri, Dishub, dan stackholder untuk memberi penambahan layanan bagi pengendara R2 berupa tempat-tempat peristirahatan khusus.

“Sekalipun jumlah kendaraan motor tidak banyak, namun di tempat-tempat peristrahatan sangat banyak. Nampaknya dibutuhkan tempat khusus bagi pengendara roda dua,” demikian Budi.

(bon/rmol/pojokjabar)


loading...

Feeds