Ini Penyebab Banjir Kota Cirebon, Februari 2018 Terbesar Sepanjang 2012

Warga kelurahan Kalijaga yang terkena dampak banjir beberapa hari kemarin. Foto: Alwi/pojokjabar.com

Warga kelurahan Kalijaga yang terkena dampak banjir beberapa hari kemarin. Foto: Alwi/pojokjabar.com

POJOKJABAR.com, CIREBON – Kepala Kantor Bencana Alam (KBA) Kota Cirebon, Agung Sedijono, mengungkapkan banjir melanda berbagai titik Kota Cirebon sejak beberapa hari terakhir di bulan Februari 2018 terbesar sepanjang tahun 2012.

Dikatakan Agung, pada Februari ini banjir telah melanda 2 kelurahan yakni Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti dan Kelurahan Pekiringan, Kecamatan Kesambi. Di dua kelurahan tersebut setidaknya 200 Kepala Keluarga (KK) terkena dampak banjir.

“Banjir kali ini (Februari 2018) pernah terjadi dengan skala yang relatif sama yaitu sekitar 2012 lalu. Ada beberapa keluarga yang terkena dampak banjir dari beberapa kelurahan,” kata Agung

Dijelaskan Agung, penyebab banjir kali ini karena beberapa saluran irigasi tertutup sampah dan tergenang air, kemudian genangan luber dan masuk ke pemukiman penduduk.

“Kita ini kan di daerah hilir, yang tidak bisa menanggung beban saluran yang berat karena tersumbatnya saluran irigasi karena sampah,” lanjut Agung.

Kemudian salah satu warga Kelurahan Kalijaga, Nur Iman (32) mengungkapkan, dirinya berharap pemerintah kota memperhatikan saluran irigasi yang tertutup sampah karena terbawa arus air. Mengingat curah hujan masih tinggi

“Hal ini kan tidak kita mungkiri bahwa dampak banjir karena sampah-sampah yang dibawa dari arus air. Karena itu untuk menanggulanginya pemerintah kota harus fokus pada arah itu,” tukasnya.

(alw/pojokjabar)


loading...

Feeds