Ketika Sampah TPS di Cirebon Mengancam Petani, Ancaman Apa Itu?

Limbah Medis. Foto: Cecep/radarcirebon.com

Limbah Medis. Foto: Cecep/radarcirebon.com

POJOKJABAR.com, CIREBON– Berbagai sampah medis berasal dari rumah sakit seperti Jakarta, Tanggerang, dan Tasikmalaya, terdapat di tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di Panguragan Wetan, Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, Kamis (7/12).

Sampah medis yang berjumlah belasan karung ini dari botol obat, suntikan dan berbagai limbah medis lainnya yang masih ada darah.

Yang lebih ironis lagi, tempat pembuangan sampah di wilayah Panguragan Wetan tersebut merupakan tempat yang bersebelahan dengan saluran irigasi sungai dan jalan utama Panguragan menuju Klangenan sehingga limbah medis yang berserakan tersebut sangatlah berbahaya bagi petani dan para pengendara yang lewat.

Aktivis Sanggar Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon, Aji menyesalkan adanya limbah medis bahan berbahaya dan beracun (B3) seperti jarum, suntikan, botol obat hepatitis, HIV dan beberapa bendanya yang mengandung darah tersebut bereceran bahkan sampai ke saluran irigasi.

“Saluran irigasi tersebut untuk mengairi sawah dan yang sangat membahayakan bagi para petani juga dihawatirkan terkena jarum suntikan ataupun limbah medis lainnya seperti penyakit yang menular sehingga berdampak buruk bagi lingkungan,” kata Aji.

Dikatakan Aji, di tempat pembuangan sampah Panguragan Wetan ini, ditemukan baru 3 minggu dan masyarakat pun belum sampai terlalu banyak yang mengetahuinya karena tempat pembuangan sampah tersebut jauh dari pemukiman penduduk.

“Masyarakat belum mengetahui dampak berbahayanya seperti apa. Kami harap limbah medis yang tercecer ini segera dimusnahkan dan dibersihkan,” katanya.


loading...

Feeds

Pepen-Tri

Pepen-Tri Dilantik 20 September

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka pengumuman dan usul pengesahan pengangkatan pasangan calon …
Seribu Rasa

Seribu Rasa Hadir di Bekasi

RESTORAN Seribu Rasa membuka cabang ke-9 di kawasan Summarecon Bekasi, tepatnya di JalanBulevar Timur Blok VA nomor 25, seberang Summarecon …