KPU Kota Cirebon dan Parpol Adakan Pertemuan, Bahas Masihkah Dapil 35 Wilayah?

KPU Kota Cirebon bersama partai politik lolos verifikasi membahas jumlah daerah pemilihan (Dapil). Dalam pembahasan tersebut, dapil Kota Cirebon tidak bertambah karena tingkatan penduduk masih di bawah 400 ribu jiwa.

KPU Kota Cirebon bersama partai politik lolos verifikasi membahas jumlah daerah pemilihan (Dapil). Dalam pembahasan tersebut, dapil Kota Cirebon tidak bertambah karena tingkatan penduduk masih di bawah 400 ribu jiwa.

 

POJOKJABAR.com, CIREBON – KPU Kota Cirebon mengundang Parpol yang lolos verifikasi untuk membahas soal penambahan dapil di Kota Cirebon, Jumat (24/11/2017).

Hal itu dikarenakan, populasi penduduk tiap tahun meningkat dan itu berpengaruh pada jumlah daerah pemilihan.

Seperti dijelaskan Ketua KPU Kota Cirebon, Emirzal Hamdani, pihaknya menjalankan aturan dan undang-undang Pemilu tersebut agar pelaksanakan Pilkada serentak 2018 berjalan sesuai ketentuan yang disepakati.

“Berdasarkan UU No 7 Tahun 2013 mengenai Daerah Pilihan (Dapil), UU tersebut menyebutkan untuk menyusun Dapil di tingkat Kabupaten atau Kota. Dapil itu merupakan hasil koordinasi KPU dengan DPRD. Oleh karena itu pada hari ini kami mengundang seluruh partai politik membahas hal tersebut,” kata Emrizal kepada Pojokjabar.

Dilanjutkan Emirzal, hal ini merupakan forum komunikasi antara KPU dengan partai politik lolos verifikasi dalam menentukan jumlah Dapil.

“Kegiatan hari ini lebih pada belanja masalah. Jadi apa yang diinginkan partai politik di Kota Cirebon, ini lah yang akan kami sampaikan nanti ke KPU RI melalui KPU Provinsi,” lanjut Emirzal.

Dirinya juga melanjutkan, dalam pertemuan tersebut mendapat banyak pembahasan yakni rekomendasi dan pandangan partai banyak perbedaan dalam menentukan daerah pilihan.

“Ya macam-macam lah. Nanti itu yang akan kami sampaikan kr KPU Pusat,” jelasnya.

Selain itu, ia menegaskan, dalam hal ini mengenai daerah pemilihan (Dapil) Kota Cirebon tidak bertambah.

Dikarenakan, kata Emirzal, kenaikan penduduk tidak signifikan dan tidak memengaruhi jumlah Dapil.

“Kalau di Kota Cirebon tidak ada penambahan. Karena porsi Dapil dulu kita kan 30. Penduduknya masih sekitaran 200 ribu. Pileg kemarin pada saat penduduk kita udah lebih 300 ribu maka bertambah 5. Sekarang penduduk kita masih di angka 325 ribu. Jadi masih jauh dari angka 400 ribu. Maka tetap tidak ada penambahan,” pungkasnya.

 

(alw/pojokjabar)


loading...

Feeds

Suspect Difteri

5 Warga Bekasi Suspect Difteri

Penderita Difteri di Kota Bekasi bertambah. 5 orang dinyatakan positif suspect penyakit mematikan itu. Kelimanya berada di sejumlah rumah sakit …