Sulitnya Mencari Kerja bagi Kaum Pria di Cianjur

Ilustrasi pengangguran.

Ilustrasi pengangguran.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Susahnya mendapat pekerjaan bagi laki-laki Cianjur, sudah menjadi masalah menahun.

Namun hingga tahun berganti pun, titik cerah bagi pencari kerja (Pencaker) laki-laki di Kabupaten Cianjur belum ada harapan.

Sejumlah perusahaan besar yang beroperasi di Kabupaten Cianjur, proporsi pekerja laki-laki tidak sampai 20 persen. Beberapa diantaranya, bahkan tidak menyentuh angka lima persen.

Robi H (30) salah satu warga Kelurahan Solokpandan, Kecamatan Cianjur mengakui, perusahaan di Cianjur lebih memilih perempuan sebagai karyawan dibandingkan laki-laki. Kalau perempuan gampang masuk kerjanya.

“Nah, kalau laki-laki harus bayar ini itu, belum pasti keterima lagi,” ujarnya, Selasa (13/2/2018).

Masih diutarakan Robi, prioritas wanita dalam perekrutan telah berlangsung lebih dari lima tahun. Namun hingga saat ini, seperti tidak ada penyelesaiannya. Apakah memang tidak ada solusinya atau bagaimana.

“Ya, akhirnya banyak pengangguran laki-laki daripada wanita di Cianjur,” timpal dia.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Yadi Mulyadi mengatakan belum ada rancangan regulasi mengatur jumlah proporsi laki-laki dan perempuan bekerja di perusahaan beroperasional di Kabupaten Cianjur. Lebih jauh.

“Bila dilakukan pembatasan terhadap jumlah proporsi pekerja berdasarkan jenis kelamin, dikhawatirkan melanggar HAM. DPRD selalu meminta kepada organisasi pengusaha agar dapat mengakomodir pencaker laki-laki di Cianjur. Begitu pula kepada Pemerintah Daerah (Pemda) agar pintar memilih perusahaan bisa mengakomodir kebutuhan daerah,” jelasnya.

(radar cianjur/mat)


loading...

Feeds

Tol-BORR

YLKI: Sebaiknya Tol BORR Jalan Terus!

Penghentian sementara pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB menuai kritik banyak pihak. Pasalnya, moratorium dari Kementerian Pekerjaan …