Raider 300 Brawijaya Cianjur Tanam 5.000 Vetiver di Puncak Bogor

PANJAT TEBINGAN: Batalyon Raider 300 turut menjaga kelestarian lingkungan di kawasan Puncak, Bogor khususnya setelah bencana longsor.

PANJAT TEBINGAN: Batalyon Raider 300 turut menjaga kelestarian lingkungan di kawasan Puncak, Bogor khususnya setelah bencana longsor.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Bencana longsor yang terjadi di kawasan puncak, Bogor menuai keprihatinan berbagai pihak. Tak terkecuali Batalyon 300/Raider Brajawijaya (BJW) yang nampak sibuk menanam sedikitnya 5.000 vetiver.

Danyon Raider 300/BJW, Mayor Inf Herry Indriyanto mengatakan, pihaknya sengaja melakukan penanaman vetiver sebagai salah satu langkah mencegah atau meminimalisir longsor yang dinilai kerap terjadi di kawasan Puncak.

Perlu diketahui, vetiver adalah sejenis rumput yang memiliki akar tebal dan sistem akarnya kuat sehingga berpotensi untuk ditanam hingga kedalaman lima meter.

“Akarnya mampu melakukan penetrasi pada lapisan tanah. Pertumbuhan akar yang dalam dan membuatnya menjadi toleran pada kekeringan,” ujarnya di sela-sela penanaman kemarin.

Ia menambahkan, lokasi penanaman dilakukan tak jauh dari lokasi Masjid Atta’awun. Tujuannya agar longsor tak kembali terjadi di wilayah itu.

“Memang dampak penanaman tak akan langsung bermanfaat sekarang. Namun, kedepannya akan mampu memberikan manfaat lingkungan,” tuturnya kepada Radar Cianjur.

Penanaman vetiver sudah dilakukan selama dua hari sejak Minggu (11/02). Pada hari pertama, pihaknya sudah menanam 2.500 vetiver.

(radar cianjur/yaz)


loading...

Feeds

Tol-BORR

YLKI: Sebaiknya Tol BORR Jalan Terus!

Penghentian sementara pembangunan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIB menuai kritik banyak pihak. Pasalnya, moratorium dari Kementerian Pekerjaan …