Melihat 300 Domba Garut Saling Adu di Gekbrong Cianjur

ADU DOMBA: Dua ekor domba saling beradu diawasi seorang wasit.

ADU DOMBA: Dua ekor domba saling beradu diawasi seorang wasit.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Sebanyak 300 domba garut dari berbagai daerah di Jawa Barat mengikuti adu ketangkasan di Kampung Jati, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Minggu (11/ 02/2018).

Ketua HPDKI Kabupaten Cianjur H Dadang Rouf mengatakan, lomba yang merupakan perpaduan antara ketangkasan dan seni pertunjukan itu sudah sejak lama berkembang di masyarakat Jabar, dan sudah sering dilaksanalan, di Kabupaten Cianjur.

“Lomba kali ini diikuti peserta dari Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Ciamis, Bogor, Garut dan kabupaten lainya yang ada di Jawa Barat,” katanya.

Menurutnya, dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, selain dapat mempererat tali silaturahmi dengan para peternak domba di Jawa Barat khususnya, juga dapat meningkatkan harga jual domba.

“HPDKI ingin mengembangkan seni ketangkasan adu domba agar tetap bisa bersaing dengan kesenian yang lainnya sekaligus untuk mempererat tali persaudaraan diantara peternak domba dan kambing di Jawa Barat, khususnya di Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Ketua panitia penyelenggara Asni Aprianti menambahkan, lomba dibagi menjadi beberapa kelas, mulai kelas A hingga C.

“Kelas A untuk kelas berat, kelas B kelas menengah, dan kelas C untuk kelas ringan,” katanya.

Asni menjelaskan, aturan yang di terapkan pada adu ketangkasan ini sangat ketat. Hal ini dilakukan agar domba tidak tersakiti.

“Dalam pertandingannya dipimpin oleh seorang wasit serta diawasi dewan juri, jumlah serangan maksimal yang diperbolehkan hanya 20 kali pukulan,” jelasnya.

Lanjut Asni, untuk kriteria juara ditentukan oleh kualitas tandukan, gaya bertanding, ketangkasan, keindahan fisik, kelincahan, dan sebagainya.

“Dalam pertandingan yang juga diiringi musik tradisional gendang pencak, para peserta memperebutkan hadiah utama yaitu seekor sapi,” pungkanya.

(radara cianjur/dil)


loading...

Feeds

Michael Essien

Michael Essien Tetap di Persib Bandung

Rumor hengkangnya Michael Essien dari Tim Persib Bandung terbantah sudah. Pemain berjuluk Bison itu kembali berlatih bersama skuad Maung Bandung …
Kepala smpn 1 Sumber, Heri Purnama (berdiri) saat melakuka monitoring pelaksanaan simulasi UNBK. Foto: Dede/pojokjabar.com

SMPN 1 Sumber Siap Laksanakan UNBK

POJOKJABAR.com, CIREBON – Jelang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer untuk tahun ke 2, SMPN 1 Sumber terus berbenah, dari mulai …