Menikmati Pengobatan Tradisional di Cianjur yang Hampir Punah

Dibekam : Unik Ektrem Terapi Pijat Bekam Pakai Tanduk Banteng

Dibekam : Unik Ektrem Terapi Pijat Bekam Pakai Tanduk Banteng

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Ini zaman modern tapi tradisi orang tua jaman dahulu tetap ada dan dilestarikan oleh segelintir orang. Salah satunya, bekam tanduk banteng.

Itu pula yang dilakukan Asep Sopiyani (67) alias Bah Yani, warga Kampung Babakan Sawamenak, RT 5/6, Desa Prianganjaya, Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi yang berpraktek di Pasar Hewan Jalan Raya Sukabumi, Kecamatan Cianjur.

Dia nampak sibuk berkeringat. Di tengah aktivitas transaksi jual beli hewan yang begitu ramai. Namun, tidak membuyarkan konsentrasinya. Bah Yani terus saja memijat salah seorang pasiennya.

“Saya sudah hampir sekitar 15 tahun menekuni bekam tanduk banteng ini. Mengenai soal bayaran tidak ditarget seikhlasnya berapa saja,” ujarnya yang sibuk dengan bekam tanduk banteng dan sebotol minyak yang terbuat dari bahan daun sirih.

Tradisi yang hampir sudah jarang dilihat itu pun jadi perhatian warga di pasar itu. Maklum, alat pijat bekam itu nampak unik, sehingga menjadi pusat perhatian. Ada belasan tanduk banteng yang digunakan, sejumlah botol ukuran kecil minyak daun sirih, jarum dan beberapa obat alamiah tradisional lainnya sudah tersedia.

“Paling dalam sehari hanya memijat sekitar sepuluh pasien saja, penghasilan sekitar Rp 200 ribu ada. Nah, itu kotor. Artinya menghasilan tidak menentu bila menjadi tukang pijat,” ujarnya, kemarin.

Khasiat tanduk benteng, kata dia, untuk rematik, darah tinggi, sesak nafas, sakit pinggang, asam urat, masuk angin dan penyakit lainnya. Manfaat baik Terapi bekam untuk kesehatan tubuh.

Bekam merupakan pengobatan tradisional sudah hadir sejak zaman dahulu kala. Sebelum masuk ke Indonesia, bekam sudah hadir di jaman Nabi Muhammad dan diberi nama al-hijamah dengan metodenya menggunakan tanduk banteng, bisa juga dengan tanduk kerbau, tulang unta ataupun gading gajah.

Bah Yani menyambungkan, tanduk banteng memiliki komponen penyembuhan yang lebih baik dari bahan lainnya dan dipercaya telah digunakan, untuk bekam selama ribuan tahun. caranya ditempelkan ke bagian kulit pasien selama beberapa menit saja.

“Ya, terapi bekam tanduk banteng memiliki fungsi sama juga dengan bekam biasa adalah mengeluarkan racun tubuh melalui darah kotor disedot keluar melalui media tanduk yang dipanaskan,” pungkasnya.

(mat/radar cianjur)


loading...

Feeds