Tiga Rumah di Cikaroya Cianjur Ludes Terbakar, Ini Penyebabnya

GUNAKAN TANGGA: Sejumlah kerabat pemilik rumah berusaha memadamkan api yang makin membesar dengan alat seadanya. Sementara itu, kobaran api yang relatif besar membuat sejumlah warga enggan mendekati bangunan.

GUNAKAN TANGGA: Sejumlah kerabat pemilik rumah berusaha memadamkan api yang makin membesar dengan alat seadanya. Sementara itu, kobaran api yang relatif besar membuat sejumlah warga enggan mendekati bangunan.

POJOKJABAR.com, CIANJUR – Tiga unit rumah serta barang berharga milik warga Kampung Sorompod, Desa Cikaroya, Kecamatan Warungkondang ludes dilalap api, Jumat (12/01/2018) sekitar pukul 06:00 WIB. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun Radar Cianjur (Grup Pojokjabar), ketiga rumah tersebut diketahui milik Oom (60), Rodiah (55) dan Burdah (65).

Sejumlah warga yang menyaksikan peristiwa tersebut langsung berhamburan membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Namun, angin yang bertiup kencang membuat api cepat merembet ke sejumlah bangunan.

Petugas pemadam kebakaran pun sempat kesulitan untuk memadamkan api. Pasalnya lokasi kebakaran tak bisa ditempuh dengan kendaraan pemadam kebakaran. Petugas dan warga akhirnya berhasil memadamkan api setelah dua jam kemudian.

Sekretaris Desa Cikaroya, Andhi Arisandi mengatakan, api pertama menjalar dari rumah Oom. Diduga api berasal dari tungku yang lupa dimatikan.

“Mungkin setelah memasak, ibu Oom lupa memadamkan api,” katanya.

Ia mengatakan, di lokasi kebakaran banyak barang-barang yang berpotensi mudah terbakar, sehingga dapat dengan mudah api menjalar ke sejumlah ruangan.

“Di sekitaran rumah Ibu Oom banyak barang-barang rongsokan yang mudah terbakar, sehingga api dengan cepat membakar barang-barang yang ada,” tuturnya.

Lanjut ia, akibat dari peristiwa itu kerugian ditaksir mencapai Rp200 juta.

“Sejumlah barang elektronik dan perabotan rumah tangga lainnya yang ada di rumah Ibu Oom ludes terbakar. Sementara dua unit rumah lainnya hanya bagian dinding rumah yang terbakar,” pungkasnya.

(radar cianjur/dil)


loading...

Feeds